Lingkaran Setan Landlord Belanda

Judulnya nyeremin ya? Hehehe... sebenernya cerita ini emang separo nyeremin, separo nyebelin. Gue mau sharing aja tentang bagaimana sistem menetap di rumah di Belanda. Disklaimer dulu ya, ini berdasarkan pengalaman gue pribadi dan baca forum sana sini. Belanda itu kan negara yang penuh birokrasi, ya. Semuanya perlu mengikuti tatanan yang berlaku. Menurut gue negara ini… Continue reading Lingkaran Setan Landlord Belanda

Iklan

Thermal Baths in Budapest

"Budapest is famous for its' thermal baths. Let's go to one!" R gave suggestion when I asked him what kind of places he wanted to visit. It was our first day in Budapest, and as me feeling sorry for dragging him out of Ozora, I asked him first what he wanted to do. I instantly… Continue reading Thermal Baths in Budapest

A Vacation (Not) Worth Remembering

Trigger warning: This post will talk about discomfort and will have the following keywords: party drugs, psychedelic trance, hippies, dreadlocks, and cultural appropriation. If you are easily triggered by these topics, please stop reading. I just got back from a week trip to Hungary. At first, we were planning to attend a psychedelic trance festival… Continue reading A Vacation (Not) Worth Remembering

36 – 40 derajat

Tahun ini adalah tahun yang cukup spesial dalam hal cuaca Belanda. Setelah salju di bulan Desember tahun lalu dan Januari, serta angin dingin dari Rusia yang mengakibatkan cuaca super dingin (lagi) di bulan Februari, bulan Juni dan Juli ini temperatur selalu di atas 25 derajat. Puncaknya adalah hari ini dan besok, di mana temperatur bisa… Continue reading 36 – 40 derajat

Pengalaman Jadi Admin Akun Rotation Curation

Mungkin untuk yang membaca judul ini, kalian bertanya-tanya: Apa itu rotation curation? Akun rotation curation (selanjutnya disebut RoCur) adalah akun publik yang setiap minggu, adminnya berbeda-beda. Yang banyak di Twitter adalah akun RoCur per negara, seperti @sweden, @twt_malaysia, dan @I_amGermany. Akun ini tujuannya adalah untuk mempromosikan masing-masing negara. Bukan promosi kayak promosi turisme ya, tapi… Continue reading Pengalaman Jadi Admin Akun Rotation Curation

Friendship doesn’t have to be expensive

This post is inspired by an article in Vice (in Bahasa Indonesia) titled "Ongkos Menjaga Pertemanan di Negara Ini Kenapa Harus Mahal Banget Ya?!". You can read the article here. The article left me smiling at the end. I left Indonesia at the age of 24 years old to continue studying. In that age, I had… Continue reading Friendship doesn’t have to be expensive

Cara Menjawab Pertanyaan yang Tak Ingin Dijawab

Masa Lebaran udah selesai. Para pemudik mulai kembali ke kota tempat mencari makan, menyebabkan arus balik yang luar biasa macetnya. Selama Lebaran, gue memantau di Twitter, banyaknya pengguna Twitter yang mengeluh tentang pertanyaan-pertanyaan kepo yang ditanyakan handai taulan yang ketemu sekali setahun aja untung. Biasa lah, pertanyaan kayak "Kapan lulus kuliah?", "Udah dapet kerja belum?",… Continue reading Cara Menjawab Pertanyaan yang Tak Ingin Dijawab

Money and Happiness Factor

Cuma curhatan ngalor ngidul, sih. Pas gue lagi bersepeda pulang beberapa jam lalu, entah kenapa gue kepikiran soal hubungannya jabatan dan level kebahagiaan seseorang. Gue jadi inget pas liburan ke Indonesia, oma gue dan beberapa anggota keluarga pasti nanya tentang hal yang paling pribadi yang ogah disebutkan keras-keras: gaji per bulan. "Kamu digaji berapa per… Continue reading Money and Happiness Factor