Sekolah di Belanda, Siap-Siap Bayar Mahal

Sebelum baca tulisan ini lebih jauh, coba deh baca tautan berikut. Niscaya bakal lebih nyambung. Belanda memang salah satu negara di Eropa daratan yang sangat internasional dalam masalah pendidikan. Nggak seperti di Jerman, sekolah di Belanda nggak mewajibkan kamu untuk belajar bahasanya terlebih dahulu. Sekarang ini, hampir semua universitas di Belanda (HBO/WO*) terutama di kota-kota … Lanjutkan membaca Sekolah di Belanda, Siap-Siap Bayar Mahal

Iklan

Kantor Sempurna Itu Tidak Akan Pernah Ada

Belakangan ini ada banyak sekali peristiwa yang terjadi di kantor gue, terutama di divisi gue. Mulai dari Manager yang kadang berasa bukan Manager, sampai kolega yang kadang gue nggak pengen denger satupun kata yang keluar dari mulutnya. Gue terus-terus merapal mantra, "Kantor sempurna itu tidak akan pernah ada". Setiap gw selesai makan siang, dan gelombang … Lanjutkan membaca Kantor Sempurna Itu Tidak Akan Pernah Ada

Berhenti Main Instagram, Begini Kehidupan Gue Sekarang!

Sudah sebulan ini gue berhenti main Instagram. Bukan cuma nyuekkin aplikasinya, tapi sekalian gue hapus aja aplikasinya dari ponsel. Sebenernya alasan gue berhenti main Instagram tuh sederhana banget: karena Instagram Story. Seperti yang sudah kita tahu, Instagram Story adalah fitur copycat Instagram yang ngikutin Snapchat. Nah, dari jaman Snapchat ngetop aja, gue nggak pernah main. … Lanjutkan membaca Berhenti Main Instagram, Begini Kehidupan Gue Sekarang!

Belajar Bahasa Belanda dengan Delftse Methode

Belajar bahasa asing itu susah-susah gampang. Ada yang bilang genetik mengambil peran, ada juga yang bilang karena metode belajar atau cara belajar masing-masing individu. Selain itu, rasa nggak pede juga bisa jadi penghambat. Gue nggak percaya tuh kalau makin tua makin susah belajar bahasa. Kalau makin tua makin susah cari waktu untuk belajar sih, iya. … Lanjutkan membaca Belajar Bahasa Belanda dengan Delftse Methode

Jadi Influencer Bukan Berarti Semuanya Gratis.

Beberapa hari ini, di Twitter gue heboh berita tentang seorang social media influencer yang permintaannya tinggal di hotel dengan imbalan publikasi gratis ditolak oleh hotel tersebut. Kemudian si hotel mengunggah email permintaan si influencer (dengan nama dan kanal YouTube yang sudah disensor) dan secara viral menolak permintaan dia. Udah jelas nama dan kanalnya disensor, eh … Lanjutkan membaca Jadi Influencer Bukan Berarti Semuanya Gratis.

Diskriminasi Dunia Barat dalam Film Indonesia

Beberapa jam lalu, gue nonton film Hollywood berjudul "Home Again" yang dibintangi Reese Witherspoon. Ini tipikal film drama cewek yang nggak usah banyak mikir sih. Ceritanya seputar kehidupan ibu tunggal dengan dua anak yang terpaksa menyewakan rumahnya ke tiga anak muda yang lagi mencari peruntungan di dunia film. Separuh jalan di alur film, gue disuguhkan … Lanjutkan membaca Diskriminasi Dunia Barat dalam Film Indonesia