Jakarta, Aku (Bakal) Kangen… / Jakarta, I (Will) Miss…


Bilingual Post! (Indonesian and English)

INDONESIAN

Yaaaa, sebenernya gue nggak ngira bakal punya ide untuk nulis beginian juga sih. Tapi mengingat bahwa kepindahan gue ke negeri Kincir Angin tinggal beberapa bulan lagi, nggak ada salahnya deh kalo gue berusaha keras mengingat apa yang bakal gue kangenin dari ibukota Indonesia tercinta ini.

Gue anak Jakarta tulen. Lahir boleh di Palembang, tapi sejak umur 1 bulan, gue udah menginjakkan kaki di Jakarta. Sekolah dari SD sampai kuliah juga disini (kuliah di Depok, ding…), sempet ngerasain kerja hampir setahun juga disini. Menurut gue, Jakarta itu semacam ‘mini Indonesia’, pokoknya kita nggak usah jauh-jauh keliling Indonesia cuma untuk menemukan orang Padang, Batak, Manado, Ambon, Tionghoa, Kalimantan, dan lain-lain. Semua melebur di Jakarta, membuat Jakarta jadi punya identitas unik tersendiri dibanding kota-kota lain di Indonesia.

Tinggal di Jakarta bikin gue belajar untuk menghargai perbedaan, sih. Sejak kecil dikelilingi orang dengan berbagai budaya dan agama. Beranjak besar, Jakarta ngajarin gue kesabaran, karena Jakarta itu kota macet dan mau nggak mau kita harus sabar. Nunggu bus juga harus sabar, nunggu angkot ngetem juga harus sabar, pokoknya tinggal di Jakarta itu intinya harus serba sabar.

Ini dia beberapa hal yang akan gue kangenin tentang Jakarta, yang (mungkin) gak akan ditemuin di negara lain. Kalaupun gue temui, mungkin sensasinya bakal agak beda sama yang di Jakarta.

1. Pedagang Kaki Lima Jakarta

Kakilima street vendors in JakartaIni sudah pasti hal nomor satu yang akan gue kangenin dari Jakarta! Pedagang kaki lima mungkin akan banyak ditemui di luar negeri, tapi nggak ada yang sama gerobaknya dan makanannya dengan yang di Jakarta. Biar kata banyak orang bilang jorok, tapi buat gue makan di kaki lima adalah sesuatu yang menyenangkan karena makanan mereka biasanya jauh lebih enak daripada makanan di restoran. Soto ayam yang harganya Rp 10.000 kenapa bisa lebih enak daripada soto ayam Rp 35.000 di mall, cuma Tuhan dan abang soto ayam yang tahu alasannya.

2. Mall

Mall JakartaAnak Jakarta, bohong banget kalo nggak menghabiskan banyak waktu di mall. Sejujurnya agak miris juga, sih. Orang-orang di luar negeri lebih seneng ngabisin waktu di taman, perpustakaan, galeri seni… eh kita lebih suka di mall. Habisnya, di mall itu bisa ngapa-ngapain, sih, dan kita juga bisa menemukan apapun di mall. Makan sama temen lanjut nonton, bisa. Belanja sama keluarga, bisa. Gue pribadi, seneng ke mall cuma buat pergi ngopi di Starbucks sambil baca buku. Bagusnya, banyak mall baru yang bikin taman atau restoran outdoor seperti di Central Park dan Mall Kelapa Gading, jadi kegiatan kita nggak berpusat di dalam mall-nya aja.

3. Kota Tua

Kota Tua

Nah… Mungkin gue akan bisa menemukan bangunan sejenis ini di negara gue nanti. Tapi di Jakarta, hal ini jadi sangat sangat jarang ditemui karena kebanyakan bangunan berarsitektur ala Belanda udah dibongkar atau jadi nggak jelas bentuknya. Kota Tua jadi salah satu alternatif gue untuk jalan-jalan, sendiri atau rame-rame. Menurut gue tempat ini nggak pernah ngebosenin dan gue bisa jalan-jalan murah disini. Cukup naik busway, sampe di Kota Tua, foto-foto, lalu pulang.

Jadi… kayaknya cuma 3 hal ini aja yang bakal gue kangenin soal Jakarta. Mungkin begitu gue sampe di Leiden dan mulai homesick, gue akan mulai nulis lagi tentang apa yang gue kangenin dari Jakarta.

ENGLISH

Actually I didn’t think I would write this kind of post, but since I’m going to move to the Netherlands in 3 months, I think it won’t be a problem if now I try hard to remember what I will miss from Indonesia’s capital city – my city.

I am a pure Jakartan. Even though I was not born here (I was born in Palembang), but I’ve been here since I was 1 month old. I obtained my education here, from elementary school to college, and I had the experience working in this city for nearly a year. In my opinion, Jakarta is like a smaller version of Indonesia. We don’t have to go across the country just to find Padangnese, Bataknese, Manadonese, Ambonese, Chinese-Indonesians, Borneonese (is that even a word?), etc. Everyone gathers around Jakarta, making it having a unique identity.

Living in Jakarta teaches me how to appreciate difference. Since I was a kid, I had been surrounded by people from different culture and religion. Growing up, Jakarta taught me how to be patient, because Jakarta is a city with never-ending traffic jams. We also have to be patient in most of the things, such as waiting for the bus and angkot.

Here are the things I will miss about Jakarta, which probably won’t be found in other countries. Although I found them, maybe they will give me different sensations from the ones in Jakarta.

1. Street food vendors

This is definitely my number one! I will definitely find street food vendors outside Indonesia, but nothing beats the food and the food cart from the ones in Jakarta. I don’t care if people tell me that eating in street food vendors is unhealthy because they’re not hygiene, whatever! For me, eating in street food vendors is very enjoyable because usually their foods are tastier than the ones served in restaurants. A portion of Rp 10.000 soto ayam (about $1) is more delicious than a portion of Rp 35.000 (about $3.5) in malls. Why? God only knows.

2. Malls

You’re a big fat liar if you call yourself a Jakartan but you don’t spend much of your time in malls. Actually, I think it’s a bit saddening because we spend our times in malls instead of going to parks, libraries, art galleries. I think the reason is because in malls we can do anything we want to, and we can find practically… everything. We can eat with friends, continued by watching a movie, without having to move anyplace else. Me? I like going to the mall just to grab a coffee at Starbucks while reading books. Fortunately, a lot of new malls these days have incorporated parks and outdoor restaurants, like Central Park and Mall Kelapa Gading.

3. Old Town

Now, maybe I will find similar buildings (and even more preserved) in my future country. But in Jakarta, these buildings are rare gems because most Dutch-inspired buildings have been bulldozed or left uninhibited. Old Town has become my alternative to hang out, alone or with friends. I think this place never bores me and I can save my penny if I hang out in this place.

Probably these are the only things I will miss about Jakarta. Hmm… Maybe once I’ve arrived and settled in Leiden and started getting homesick, I will write again about the things I miss from Jakarta.

Iklan

4 tanggapan untuk “Jakarta, Aku (Bakal) Kangen… / Jakarta, I (Will) Miss…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s