Eksperimen Sosial: Berhenti Main Facebook


Tulisan berbahasa Indonesia.

Seberapa sering lo mengecek Facebook? Sekali sehari? Lima kali sehari? Dua kali seminggu? Seberapa sering lo masukin aktivitas lo di Facebook, entah itu nulis status, unggah foto, nulis pesan di wall teman, atau unggah tautan? Pasti dalam waktu seminggu lo bisa buka Facebook sampai lebih dari lima kali, kan?

Menurut gue, yang namanya media sosial itu nggak selamanya salah, kok. Ada banyak banget hal positif dari media sosial, seperti: lo bisa cari teman lama, bisa cari teman baru, bisa cari info-info menarik, berita cepat, semua bisa lewat media sosial.

Anehnya, justru dari situ rasa bosan gue dimulai dan gue mulai berpikir untuk matiin salah satu media sosial gue for good. Gue ngerasa bahwa jaman sekarang semua informasi begitu cepat, orang-orang jadi nggak bisa menghargai sesuatu yang dimulai dari nol. Jaman sekarang, mayoritas pertemanan ditentukan berdasarkan media sosial. Lo unfriend atau unfollow gue, tandanya kita nggak temenan. Lo nulis sesuatu yang berbau sindiran di Facebook, ada beberapa orang yang merasa dan jadi sebel sama lo, padahal belum tentu itu sindiran. Kalaupun itu emang beneran menyindir, media sosial nunjukkin bahwa lo nggak mampu ngomong langsung ke orang yang lo sindir. Padahal kan nggak selalu begitu ceritanya. Begitu cepat pertemanan di media sosial terjadi, sampai kita nggak bisa menarik garis batas antara temen yang bener-bener temen atau yang sekedar hanya ada di media sosial kita, yang senantiasa memberi jempol ke setiap materi yang kita unggah kesana.

Beberapa minggu lalu, gue nonton serial TV terbaru berjudul ‘Selfie’. Sesuai judulnya, serial TV ini berusaha untuk mengulik generasi media sosial; generasi yang sangat sadar bahwa segala sesuatu dalam hidupnya harus diunggah. Pembuat serial TV ini seolah pengen ngasih sindiran halus ke orang-orang penggila media sosial yang merasa bahwa temen-temen sejatinya adalah mereka yang senantiasa ngasih jempol atau ngasih komentar, padahal dunia kan nggak selebar layar ponsel pintar atau komputer kita. Masih banyak teman-teman lain yang lebih real dan mau bersinggungan dengan kita di dunia nyata, bukan cuma saling like foto di Facebook atau love di Path.

Atas dasar beberapa alasan diatas, gue memutuskan untuk nutup salah satu akun sosial media gue yang udah berdiri sejak gue SMA, Facebook. Sekarang gue hanya aktif di Instagram dan Twitter. Ada beberapa alasan khusus kenapa gue memutuskan untuk berhenti main Facebook yang akan gue sampaikan lewat beberapa poin dibawah ini:

1. Main Facebook buang waktu

Alasan pertama gue, dan gue yakin orang juga tau hal ini tapi sengaja nggak mau tau (lho). Dengan nggak main Facebook, gue bisa ngelakuin hobi-hobi gue yang lain seperti baca buku, denger musik, atau nonton film dengan penuh konsentrasi. Dalam sehari, gue bisa tiga jam main Facebook. Bayangin alokasi waktu yang sama yang bisa gue pake buat baca buku? Bisa-bisa novel Harry Potter bisa gue tamatin dalam waktu satu-dua hari.

2. Bosen juga lihat kehidupan orang lain

Jujur aja deh, biasanya kalian ngapain aja kalau buka Facebook? Kalo gue sih, suka scroll News Feed gue dan baca semua hal yang orang unggah disana. Lama-lama gue capek. Ngapain gue ngeliatin foto-foto makan siang orang lain, belum tentu juga gue dikasih. Tanpa disadari, gue jadi manusia yang haus akan informasi yang super nggak penting seperti check-in orang-orang, status galau temen-temen, atau foto-foto liburan. Daripada gue sirik sama betapa sempurnanya kehidupan orang lain, mendingan gue bikin hidup gue sendiri lebih sempurna daripada mereka, tanpa harus gue tunjukin di Facebook.

3. Lelah lihat tautan provokatif

Nah, ini pas banget waktu Pilpres kemarin. Tiba-tiba Facebook gue dipenuhi orang-orang yang melek politik, padahal dulu ngomongin politik aja males. Banyak juga yang nyebarin tautan bertema provokatif untuk ngejatuhin capres yang dia nggak suka. Udah gitu banyak juga yang debat nggak jelas di kolom komentar. Duh, buka Facebook bukannya bikin seneng malah bikin panas. Lucunya sampai sekarang masih ada juga yang nyebarin tautan provokatif nggak jelas kayak gitu, terutama dari situs Jonru. Duh, masih jaman? Kasihan deh lo, kalah sama Prabowo.

4. Bingung, mana teman baik dan mana teman sekali nyapa

Sebenernya, gue ngambil keputusan untuk berhenti main Facebook juga bukan tiba-tiba. Beberapa hari sebelum ini gue sempet mereduksi jumlah temen gue. Tapi gue malah jadi bingung sendiri, mana yang bener-bener temen gue yah? FYI, komposisi temen Facebook gue meliputi:

  • temen kampus (senior, junior, seangkatan, sejurusan, beda jurusan),
  • temen SMA (temen main, senior, junior yang belum tentu gue kenal),
  • temen gereja (seumuran, kakak pelayan, atau tante-oom),
  • temen les,
  • temen organisasi,
  • keluarga

Bingung nggak lo gimana mau filter-nya. Gue bingung mana yang harus gue hapus dan mana yang harus gue keep jadi teman di Facebook. Serem nggak sih kalau tiba-tiba disapa temen Facebook yang cuma sekali ketemu, “Selamat ya udah diterima di Leiden!” #glek. Banyak juga dari mereka yang udah meninggal atau udah hapus Facebook-nya tapi masih ada di daftar teman gue. Berhubung gue capek mengkategorikan mana yang dibuang mana yang disimpan, gue hapus aja Facebook-nya sekalian.

5. Takut cyber stalker

Ini emang alasan super paranoid dan super subyektif, tapi pemikiran gue tentang cyber stalking bener-bener terbuka setelah nonton Criminal Minds (yang belum nonton wajib banget nonton deh). Jaman sekarang, orang bebas mengekstrak data kita dari mana aja, Facebook salah satunya. Kebayang kalau kita selalu update dimana kita, makan apa kita, kita lagi ngapain di Facebook? Secara nggak sadar, update kita itu akan membentuk pola. Nah, pola ini yang bisa dijadiin alat cyber stalking sama orang-orang jahat. Gue berpikir, bukannya nggak mungkin gue jadi korban cyber stalking selanjutnya.

6. Ada penelitian yang ngomongin hubungan antara keranjingan media sosial dengan short attention span

Bisa dicek di tautan ini: http://www.b2bmarketinginsider.com/content-marketing/thanks-social-media-average-attention-span-now-shorter-goldfish

Bukan cuma hasil penelitian sih, gue juga ngerasa kayak gitu. Sejak era ponsel pintar, gue ngerasa ponsel gue adalah barang paling penting di seluruh dunia. Kalau lagi baca buku, gue malah lebih sering buka ponsel, cek Facebook, cek Path, foto buku terus masukin ke Instagram pake tagar #bookworm #books #geek #novels #NEWBOOKS daripada baca buku. Daya konsentrasi gue menurun drastis dibanding 6-7 tahun lalu, saat gue masih betah banget baca buku berjam-jam di dalam kamar.

Untuk itu, gue mau mengembalikan daya konsentrasi gue. Selain itu, sepertinya jauh lebih menyenangkan kalo kita melakukan sesuatu tanpa harus merasa ingin pamer di Facebook atau media sosial lainnya. Ketemuan sama temen juga lebih menyenangkan kalau kita asyik ngobrol dan berinteraksi satu sama lain tanpa harus sibuk menenggelamkan diri di depan ponsel pintar masing-masing, kan?

Find Me in Real LifeP.S.: Pagi ini, gue udah ngejadwalin akun Facebook gue untuk dihapus 2 minggu kemudian. Gue jadi nggak boleh buka Facebook sama sekali kalau akun gue beneran mau gue hapus. Untuk kedepannya, gue akan konsisten pake 3 media sosial: blog, Instagram, dan Twitter. Bukan nggak mungkin juga suatu saat nanti gue akan bikin akun Facebook baru, mungkin di saat gue udah bisa nentuin siapa-siapa aja orang yang mau gue keep di Facebook. Anggap aja ini gue jadi social media phobe sesaat. Mungkin nanti gue akan nulis hal-hal apa aja yang gue lakukan waktu bebas dari Facebook. Adieu, Facebook!

Iklan

8 thoughts on “Eksperimen Sosial: Berhenti Main Facebook

  1. Aku udah dr 2011 gak aktif FB.. Di hp gak pake app FB, lupa alasannya krn apa, tp setelah itu hidup jadi lebih indah, lebih enteng tanpa FB..
    Skrg FB ku idup lagi gara2 auto share dari blog, twitter dan IG.. Tp utk update status udah nehi banget, bingung fungsinya apa.. Update statusku ya di blog & ig..
    FB & Twitter jd semacam media komunikasi aja, mw hub aku tp gak punya no. Hp, dll? Hub aku via FB atau twitter aja dulu.. šŸ˜€

    Suka

    1. Malah gue suka bgt Twitteran soalnya bisa kenalan sama orang2 baru. Kalo facebook lebih ke itu-itu aja, males juga kalo liat postingan mereka yang hasil share dari Path, IG dll… sama aja liat double triple post apalagi kalo kita friend juga sama mereka di Path. Hahahaha.

      Suka

  2. FB ku sekarang keseringan dipake cuman utk share blog dan kegiatan keluarga atau komunitas… Sisanya foto kalau itu hub nya sama keluarga dan orang2 yg ada difoto itu. News feed pun aku setting kegiatan keluarga dan teman dekat saja.
    Tapi bener banget itu, dulu gara2 FB ngeblog berkurang dan gara2 FB daya membaca cepat juga berkurang. Sekarang musti bangun minat lama dari 0 lagi, huhuhu…

    Suka

    1. Aku udah salah dari dulu sih, siapa aja di-approve. Sekarang jadi repot. Makanya, salah satu kebutuhan hapus Facebook ya itu, untuk tahu juga siapa yg harus disimpan. Pasti nanti main Facebook lagi kok, tapi sekarang break dulu kali ya. Bener kata mbak Sandrine, harus bangun minat lama dari 0 lagi, contohnya membaca…

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s