Settle Down


Akhirnyaaaaaa kehidupan gue sebagai anak rantau dimulai!!! Yep, gue sudah di Belanda kira-kira sudah enam hari. Gue sampe disini hari Jumat tanggal 16 Januari lalu dan sekarang gue udah punya tempat tinggal di Leiden. Rasanya seneng, cemas, heboh, semua gabung jadi satu. Namanya juga anak rantau baru pertama kali pergi ke negara orang.

Kesan pertama tinggal di Belanda: semuanya serba teratur. Contohnya aja transportasi massal. Di Indonesia, kayaknya udah wajar aja kalo kita nunggu lebih dari 15 menit untuk satu angkot/bus. Di Belanda, ketepatan waktu nomor satu, bahkan ada aplikasi gratis untuk ponsel biar kita bisa tahu jam berapa bus kita bakal datang, nama aplikasinya 9292. Aplikasi yang mirip juga ada untuk kereta, namanya Reisplanner. Nah, 9292 sama Reisplanner ini sangat membantu gue yang masih belum punya sepeda sendiri.

Datang ke Belanda, dua hari pertama seneng banget karena ada matahari. Hari-hari berikutnya boro-boro ada matahari! Baru ngerasain kalau sinar matahari itu penting banget. Sepertinya keabsenan matahari ini juga pengaruh ke mood. Kemarin gue bangun pagi dan rasanya sedih banget, terus tiba-tiba kangen sama gebetan yang jauh ada di Indonesia (deuh ileeeeehhhh). Setelah diusut, ternyata gue kena winter blues. Penjelasan winter blues cukup panjang deh, cari aja sendiri di wikipedia.

Hari-hari pertama di Belanda diisi dengan keheranan dan kelucuan disana-sini. Udah beberapa kali nyasar di kota sendiri, untungnya Google Maps selalu jadi penyelamat. Malam pertama di Belanda, gue kelaparan di apartemen, lalu keluar cari makanan di supermarket… dan gue baru tau kalo disini kantong plastik aja bayar. Terpaksa beli kantong plastik besar, biar bisa dibawa-bawa kalo mau pergi belanja bulanan atau belanja perabotan rumah.

Sejak pindah ke Belanda, gue sudah berjanji ke diri sendiri bahwa gue mau mencari teman internasional sebanyak-banyaknya. Gue emang udah punya beberapa temen orang Indonesia yang lebih dulu disini, tapi gue inget janji mau jadi warga dunia, jadi gue mau memperbanyak teman dari luar negeri. Kemarin gue ketemuan sama temen-temen internasional gue yang baru, kami satu grup orientasi yang nanti akan dilakukan minggu depan. Ada orang Rusia, orang Jerman, orang Amerika, orang Finlandia, dan dua orang Cina. Mereka semua seru-seru, pikirannya terbuka, dan lucu-lucu. Apalagi si orang Rusia yang doyan banget cerita lucu dari daerah asalnya… beneran deh, Rusia itu negara yang lucu banget. Saking kocaknya, dia belum cerita gue udah ketawa duluan.

Kayaknya gue baru bisa nulis ini dulu. Nanti lanjut lagi, yah…

2 tanggapan untuk “Settle Down

  1. Hi Tal congrats ya! Asik nih udah settle down 🙂 iya udah jauh2 ke Belanda mainnya jgn sm org Indo aja kan, balance sm org LN yg lain~
    Baru tau gue ada winter blues. Ternyata jenis blues2an ini banyak jg yak

    Suka

Tinggalkan Balasan

