Q&A: Sekolah di Belanda


Jadi, mention ini bertengger di Twitter gue beberapa hari yang lalu. Sebenernya gue udah nulis beberapa artikel tentang pendidikan Belanda, tapi sepertinya penjelasannya masih kurang ya. Hmmmmm baiklah kalo begitu, gue akan nulis sedikit lagi tentang sekolah di Belanda. Kali ini mungkin agak lebih lengkap kali, ye.

(Kalo ada tulisan gue disini yang perlu dikoreksi, boleh banget lho dikoreksi lewat form komentar.)

Jadi, temen gue ini nanya tentang kegalauan temennya milih dua TU (Technische Universiteit) yang lumayan bergengsi, antara TU Delft di Belanda atau RWTH Aachen di Jerman. Well, bukannya mau ngegede-gedein Belanda sih (PILIH TU DELFT AJAAAA YAAA DELFT AJAAAA #lho) tapi kayaknya perlu ditanya lagi deh kamu itu maunya jurusan apa? Setahu gue, di TU Delft itu lebih ke aplikasi tekniknya, sama seperti kebanyakan TU di negeri Kincir Angin ini. Beda sama di Jerman yang masih punya banyak program studi teknik yang banyak teorinya, kayak di TU Munchen ada fokus ke dinamika struktur. Gue enggak tau itu itung-itungannya sampe kayak apa, tapi kata temen gue anak teknik, itu banyakan itungan (da aku mah apa, cuma anak Humanities). TU di Belanda cuma ada 3 yaitu TU Delft di kota Delft, TU Eindhoven di kota Eindhoven, dan Universiteit Twente di kota Enschede. Mungkin masih banyak Technische Hogeschool yang lain, tapi yang terbesar ya cuma tiga itu. Kami memang kalah dari Jerman yang punya TU sampe 9 biji (gile wey Jerman, negara kalian terbuat dari apa sih?) tapi bukan berarti Belanda kalah bagus TU-nya… Untuk lebih jelasnya, maaf banget gue enggak tahu, ini aja hasil obrol-obrol sama temen-temen yang niatan sekolah teknik di Jerman dan Belanda.

Intinya… kalo kamu anak teknik yang pengen sekolah lagi dengan mata kuliah yang lebih aplikatif, mungkin TU di Belanda bisa dijadikan tujuan. Tapi kalo kamu anak teknik yang cinta mati sama behind the scene, sok atuh daftar di TU Jerman.

Terus… pertanyaan kedua, tentang pengalaman akademis gue di Belanda. Hmmmm kayaknya hampir sama deh kayak pengalaman mahasiswa lain pada umumnya, apalagi mahasiswa dari Indonesia. Waktu S1 kebanyakan santai, sekarang S2 harus lebih aktif dalam belajar dan minta bantuan dosen. Tapi itu sih cuma secara umum, ya. Secara khusus mungkin beda, sesuai dengan jurusan dan universitas masing-masing. Sejauh ini, sekolah di Belanda asik kok… apalagi kalo di kota pelajar kayak Leiden. Kota Leiden kecil, jadi bisa lebih fokus untuk belajar. Udah gitu, demografinya memang lebih banyak mahasiswa, jadi kota ini walaupun kecil tapi memang hidup banget. Masalah ini kayaknya juga udah sering banget gue ceritain di blog ini. Oh ya, kembali ke kehidupan akademik. Kalo anak Humanities, sih, ujian-ujiannya lebih banyak berbentuk esai dan makalah, jadi gue nggak ngerasa ada minggu ujian. Beda sama temen gue anak Teknik di TU Delft atau anak jurusan lain di Leiden University yang ada penetapan waktu minggu ujiannya. Kembali ke awal, pengalaman akademis gue bisa jadi beda dengan temen gue jurusan Psikologi di universitas yang sama.

Jadi, gimana? Berminat belajar di Belanda? Pokoknya, di Belanda tuh universitasnya banyak. Mau yang fokus di teknik? Tuh ada 3 TU yang gue jabarkan tadi. Yang fokus di biologi dan life science juga banyak, bahkan kabarnya Belanda memang lebih jago di bidang life science. Mau jurusan ilmu sosial kayak politik atau HI, bisa nyoba ke ISS Erasmus di Rotterdam atau Den Haag. Atau mau menyelam lebih dalam ke bidang humaniora? Daftar aja ke Leiden University, universitas tertua se-Belanda (promosi sedikit boleh lah di blog sendiri :p)

Untuk temennya Farhan, semoga membantu ya!

Tinggalkan Balasan

