Musim Semi di Taman Nasional Hoge Veluwe


Kaki gue udah gatel banget sebulanan enggak liat yang ijo-ijo. Percayalah, sebelum ke Belanda, gue bisa tahan berbulan-bulan nggak pergi ke taman atau melakukan kegiatan alam, tapi begitu disini rasanya kalo enggak pergi ke bukit atau hutan kayak sakaw sendiri, gitu. Mungkin kata sahabat gue bener kali yah, ketika lo berkenalan dengan alam, lo akan ketagihan untuk jadi sahabatnya. Gue berterimakasih sama sahabat gue yang mengenalkan gue sama alam, dan efeknya sekarang gue jadi ketagihan.

Kemarin gue ngerasa bahwa idup gue datar banget, sedatar alam Belanda, makanya gue memutuskan untuk pergi ke taman nasional di Belanda yang kepengen banget gue datengin sejak dulu: Hoge Veluwe National Park. Berhubung kali ini udah musim semi dan tanaman udah menghijau, nggak ada salahnya untuk berangkat jalan sendirian ke taman nasional yang kabarnya pertama dan terluas di Belanda itu.

Dari Leiden, gue jalan jam 9 pagi ke stasiun Ede-Wageningen berbekal tiket grup yang berhasil gue dapatkan lewat Facebook. Perjalanan ke Ede-Wageningen membutuhkan waktu kurang lebih 1 setengah jam, dengan transit dulu 4 menit di Schiphol. Sesampainya gue di stasiun Ede-Wageningen, gue naik bus nomor 108 jurusan Apeldoorn dan turun di halte Rotonde. Setelah itu lanjut naik van nomor 106 ke pintu masuk Hoge Veluwe di Otterlo.

Untuk yang kebingungan, pintu masuk Hoge Veluwe ada 3: Otterlo, Hoenderloo, dan Schaarsbergen. Untuk jalan-jalan gue kemarin, gue ngambil rute Otterlo-Hoenderloo. Tadinya sempet mau pulang begitu sampe Visitor’s Center, tapi rasa penasaran akhirnya membuat gue meneruskan perjalanan sampe Hoenderloo. Kalo ditotal, kemarin itu gue jalan sekitar 10 km selama 3 jam. Emang lama sih, soalnya 5 km pertama gue jalan kaki dan 5 km berikutnya naik sepeda. Ngomong-ngomong sepeda, di taman nasional ini ada tempat penyewaan sepeda gratis lho! Bisa jalan-jalan di sekitar taman nasional dengan sepeda itu, deh. Jangan lupa naik sepeda di rute sepeda yang udah ditentukan, ya. Kalo yang mau jalan kaki, ada juga rute tersendirinya.

Daripada gue kebanyakan ngomong, mending gue langsung masukin foto-foto di Hoge Veluwe. Semoga jadi pada tertarik kesini, ya! Gue sendiri beneran ketagihan main kesini dan lain waktu pengen lagi, tapi mungkin gue bakal pake rute yang lebih jauh, atau ngelilingin Hoge Veluwe-nya sekalian seharian penuh.

Hutan dekat pintu masuk Otterlo
Hutan dekat pintu masuk Otterlo
Sand dunes!
Sand dunes!

DSC_0343

Hutan lagiiiii...
Hutan lagiiiii…
Pemandangan dekat exit Hoenderloo: padang rumput super luas.
Pemandangan dekat exit Hoenderloo: padang rumput super luas.
Tinggalkan Balasan

