Anak Rantau Masak… Daging Sapi Rica-rica!


Selama enam bulan ini, gue kayaknya udah cukup kreatif mengolah otak dalam masalah masak-memasak. Ini adalah hal yang baru untuk gue, karena waktu masih di Indonesia gue jarang banget masak. Yaaa bisa masak sih, bukan cuma masak mie instan dan masak nasi, tapi rasanya males banget untuk beli bahan makanan dan masak. Sejak tinggal di Belanda, apa-apa harus dikerjain sendiri, mau nggak mau otak juga harus tambah kreatif untuk belajar masak.

Kemarin gue bikin daging sapi rica-rica untuk makan malam. Sebenernya ini resep ngarang yang secara nggak sengaja gue temuin pas belajar masak rendang. Jadi sebelum masak rendang kan harus ada bumbunya dulu tuh… waktu itu gue gagal masak, terus daging gue jadi kering, pas gue coba ternyata rasanya mirip dengan daging sapi rica yang sering dimasak mama di rumah. Jadilah kemarin gue memberanikan diri untuk masak daging sapi rica-rica. Berikut bahan-bahan dan cara masaknya. Oh iya, gue jarang banget masak pake takaran, jadi mohon disesuaikan sendiri ya… Takaran disini termasuk takaran ala gue.

BAHAN-BAHAN

1. 350 gr daging sapi yang udah dipotong-potong

2. 1 sdm kecap manis

3. 5 buah cabe keriting

4. 2 buah cabe rawit (disesuaikan tingkat kepedasannya sama selera kamu)

5. 4 siung bawang merah

6. 3 siung bawang putih (gue nggak terlalu suka bawang putih jadi biasanya bawang putih < bawang merah)

7. 2 sdm minyak goreng

8. Garam dan gula secukupnya

CARA MEMBUAT

1. Potong-potong cabe keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, garam dan gula, kemudian diblender kasar (atau diulek juga boleh kalo kamu ngerasa ngulek bukan PR besar)

2. Panaskan minyak goreng di panci.

3. Kalo udah panas, masukin daging yang udah dipotong-potong tadi ke dalam panci. Pokoknya kalo pas dagingnya masuk terus ada bunyi “cessss” gitu tandanya kamu udah di jalan yang tepat.

4. Kecilin api, aduk-aduk si daging, tunggu sampe juice si daging keluar. Jangan sampe terlalu matang, ya. Biar juice-nya keluar aja.

5. Begitu si juice daging udah keluar, tiriskan si daging sebentar, kemudian masukkan bumbu yang udah diblender tadi ke dalam panci. Ditumis bareng sama juice-nya.

6. Masukkan lagi si daging, aduk-aduk sebentar, kemudian tutup. Biar bumbunya meresap.

7. Tunggu sampe agak kering, kemudian tuang kecap manis. Aduk-aduk lagi. Diamkan kurang lebih 2 menit.

8. Sajikan bersama nasi panas dan bawang goreng.

Daging Sapi Rica-rica
Daging Sapi Rica-rica
Iklan

4 tanggapan untuk “Anak Rantau Masak… Daging Sapi Rica-rica!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s