Definisi “Gebetan” dan “Pacaran” itu apa sih?


Tulisan nggak bisa tidur, nih.

Masalah gebet-menggebet pasti udah jadi masalah utama umat manusia sejak entah kapan. Kalo ada cowok/cewek yang gebet-able, langsung penasaran dan kalo cepet ya bisa dijadiin gebetan. Syukur-syukur akhirnya jadian.

Tapi sebenernya definisi gebetan atau crush itu apa sih?

Gak tau kenapa, paradigma berpikir gue seakan berubah. Dulu gue mikir yang namanya gebetan itu ya proses seseorang sebelum jadi pacar. Semuanya serba dilabeli. Kalo gue lagi deket sama X ya tandanya si X itu gebetan gue.

Sekarang kayaknya udah jauh lebih complicated. Misalnya gue deket sama orang tertentu, dan eventually pasti ada aja yang nanya, “Jadi lo suka apa nggak sama orang ini?”

Wajar nggak sih kalo gue bilang “nggak tahu”? Karena memang gue nggak tahu orang ini adalah gebetan gue atau bukan. Gue nggak ngebet-ngebet amat jadi pacarnya, oke lah gue suka, tapi bukan tipe-tipe suka berlebihan kayak senpai notice me! gitu. Tapi kalo ngomong cuma temen doang dan gue nggak suka… Kayaknya gue bohong sih kalo ngomong cuma gitu. Ada beberapa hal yang nggak bisa diucapkan disini yang seolah berkata bahwa yang beginian tuh bukan temen doang. Auk deh ini perasaan gue doang apa bukan.

Aneh? Emang. Maapin kerandom-an gue malam-malam. Lagi kebanyakan pikiran dan salah satunya adalah ini.

Udah gitu, masalah pacaran. Gue bingung orang jaman sekarang tuh mendefinisikan pacaran kayak apa ya? Emang masih jaman ya pacaran itu harus proses nembak dulu, ngaku suka dulu, bahkan pake nanya mo jadi pacar apa enggak? Dulu pola pikir gue masih begitu tapi lama-lama jadi berubah juga. Gue jadi lebih mikir bahwa pacaran itu mutual agreement antara dua orang “oke, gue mau nyoba membuat hubungan sama lu, yang lebih dari teman, dan kita udah cukup nyaman satu sama lain untuk lebih dari teman, soal kedepannya gimana itu bisa dilihat bareng nantinya”. Atau mungkin bisa jadi pacaran tapi belum sayang dulu atau belum bawa perasaan dulu, tapi seiring waktu berjalan malah rasa sayang itu tumbuh sendiri.

Mind to give me your opinions?

Iklan

12 tanggapan untuk “Definisi “Gebetan” dan “Pacaran” itu apa sih?

  1. kalau jalan bareng tanpa perasaan itu temenan. kalau jalan bareng salah satunya punya perasaan itu gebetan/masih incaran, kalau the feeling is mutual itu pacaran ; kayak ada kontrak ga tertulis bahwa lo harus sukanya ya sama gw doang. kalau salah satu dari pasangan ga jelas kasih status sementara yg lain suka… namanya digantung :))

    Suka

      1. aduh replynya sering ilang…kalau sudah taraf sering ketemu berdua, sering hubungin, apalagi ngajak jalan berdua saja, sudah dipastikan yg ngajak kasih sinyal, banyak, sih, sinyal lain *grats*grats* kalo suka juga ya komunikasikan saja statusnya..masalah peliknya kan cuma kalo kita sendiri yg ga jelas sebetulnya suka atau enggak wkwk…

        Suka

      2. iya biasanya krn msh mau senang2, tdk terikat..tp masalah umumnya terjadi ketika salah satu pihak mulai jalan dg org lain. coba perhatikan saja.

        Suka

  2. Tal, di kantor ada koko2 ganteng yg gua suka tp ga ngarep jd pacarnya. Lets say gua ngefans sm dia ^^
    Btw Tal gua kan ikutin HitmanSystem nih ya (kelas romansa di social media, awalnya dr twitter). Yg membedakan temenan & pacaran adl: aktivitas romansanya. Jauh lebih intense at romansa krn gada touch dlm temenan (gandengan/acak2 rambut/cium pipi), tipe komunikasinya beda, etc. Nah hal ini agak susah berlaku kalo LDR krn kegiatan touch-nya jd virtual.
    Trus di HitmanSystem jg ga diajarin “tembak2an” krn itu gaya anak SMP! Kalo orang dewasa terjun ke hubungan romansa, org yg mau berkomitmen (krn kalo pake bhs pacaran kok remeh amat, walaupun ujung2nya blm tntu kawin) akan bilang, “udah kamu sm aku aja gausah sm yg lain,” “aku mau serious/berkomitmen sama kamu,” gitu2.
    Maap cyin jawabannya panjang, semoga membantu yak :p

    Suka

  3. Lebih ke mutual agreement itu sih kalau saya bilang :hehe. Saya bukan tipe orang yang harus ada status “gebetan” atau “pacaran” secara eksplisit, jadi kalau suka sama suka terus jalan bareng, ya jalan saja, tak peduli statusnya apa yang penting kita sama-sama nyaman :)). Paling-paling yang membedakan cuma seberapa dalam perasaan satu sama lain *ciyee*, maksudnya, seiring waktu kan kalau tambah cocok, hubungan itu bisa makin dalam. Jadi menurut saya dijalani aja dulu yak :hehe :peace.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s