Kabar Tesis


Akhirnya tesis gue rampung juga!!!

Kemarin jam setengah 10 malam, gue ngirim tesis lengkap gue ke supervisor untuk di revisi. Setelah pencet tombol ‘Send’ rasanya lega banget. Kayak separo beban berat yang menghantui hidup gue udah dibuang jauh-jauh.

Sejujurnya, awalnya gue ngerasa gue nggak bakal bisa ngerjain tesis ini sampai selesai sebelum batas pengumpulan tesis. Gimana nggak? Gue mulai ngerjain bulan September, kemudian pas lagi nulis tiba-tiba sumber gue mandek. Akhirnya gue nggak punya jalan lain kecuali ganti research question yang sesuai dengan sumber-sumber yang gue dapat. Ganti research question berarti gue harus rombak ulang bab pertama gue, disaat gue udah selesai bab tiga dan lagi proses ngerjain bab dua.

Belum lagi waktu yang sangat mepet untuk gue menyelesaikan tesis ini. Ditotal-total, gue baru mulai serius ngerjain tesis dalam waktu satu bulan penuh aja. Selama bulan November ini, nggak ada hari tanpa nggak ngerjain tesis. Libur hanya dibatasi hari Sabtu dan Minggu. Hari Senin sampe Jumat malem, setiap hari gue bangun, kerjain tesis, ke perpustakaan, kerjain tesis lagi. Hampir enggak ada waktu untuk main. Rasanya eneg banget ngeliat tumpukan buku dimana-mana, belum lagi sumber-sumber primer berupa arsip bentuk buku yang harus dibaca dan diteliti.

Selama sebulan terakhir, gue bener-bener ngerasain gimana rasanya fokus untuk kelangsungan pendidikan gue. Masalah gebetan? Buang jauh-jauh dulu. Masalah drama pertemanan? Disingkirkan dulu. Gue emang begini orangnya, kalo lagi fokus sama sesuatu, lebih cenderung melupakan hal lain yang bersifat distraction.

Akhirnya semuanya selesai… Semalam gue ngirim tesis penuh gue ke supervisor dan tinggal tunggu beliau revisi. Selama menunggu, gue coba tulis halaman-halaman depan kayak daftar isi dan kata pengantar. Selain itu, gue juga lagi nyari apartemen baru nih karena masa kontrak gue udah mau selesai bulan Januari tahun depan. Gue juga lagi mau reach out ke beberapa museum untuk kesempatan magang atau pekerjaan tetap. Doakan semoga berhasil, ya…

18 tanggapan untuk “Kabar Tesis

  1. Mockingjay time 💃💃!
    Tesis emang gitu Crys, kalo ga mepet dan ga ada deadline, suka ga tentu arah ngerjainnya. Aku selama 1.5 tahun ngerjain tesis (lama ya haha), 3 kali ganti topik coba padahal sudah masuk bab 4. Dan yang ganti si dosen karena ga sanggup ngelanjutin, ga terlalu paham katanya. Lah piye. Akhirnya pas topik ketiga aku agak ngancam, kalo ini musti ganti lagi aku angkat tangan karena aku sudah ditunggu suami, kelamaan LDMnya. Dan gertakannya berhasil haha. 2 bulan ngerjain selesai langsung sidang. 16 bulan menyia2kan tenaga baca ratusan jurnal😓
    Semoga lancar yaa rencana2 selanjutnya, dapat apartemen baru dan dapat kerjaan juga. Kalo nyari kerja gitu pakai student visa atau musti memperpanjang visa?

    Suka

  2. Ah Crystal, I feel youuu.. Dulu berasa banget ngerjain tesis itu seperti diborgol. Mau mandi, mau makan, mau tidur, mau napa-napain mikirnya tesis. Mana dulu kena advisor yang super perfectionist. Di saat teman-teman lainnya sudah kumpul, aku masih berkutat dengan pengajuan yang rasanya mau bikin nangis, hahaha. Tapi percaya deh, semua pengorbanan kamu engga akan sia-sia, semua akan indah pada waktunya.
    Good luck to your thesis, new apartment, and chance to have a good job *hugs*

    Suka

  3. Uh oh, tesis memang penuh perjuangan, Mbak. 🙂
    Kemarin pas saya berjuang melawan tesis juga sampe banyak banget pengorbanan saya. 😆
    Kalo diinget-inget, bikin meringis. Hahaha 😀

    Suka

  4. Begini ya rasanya ngerjain tugas akhir penentu kelulusan dijenjang pendidikan, butuh konsentrasi penuh, fokus, dan sabar. Aku jg baru kelar yudisium nih, tp msh S1, kayak bebas dr jeratan beban yg membelenggu. Haha..

    Suka

      1. Eh bukan lah, yudisium itu semacam nglengkapin berkas2 kelulusan, seperti bebas spp, bebas tanggungan perpus, nilai TOEFL, nilai keaktifan, dll. Ini yg bikin mahasiswa diakui secara yuridis oleh institut. Biasanya dilakukan pasca sidang dan revisi selesai. Begitu sih kalo di kampusku.

        Suka

Tinggalkan Balasan

