Kaleidoskop Ala Spotify


Sudah hampir setahun gue beralih dari tukang unduh lagu jadi tukang streaming lagu lewat Spotify. Siapa sih yang nggak suka? Pecinta musik pasti punya akun Spotify, terutama gue yang suka cari-cari musik baru. Untuk gue, Spotify berguna banget karena gue bisa mengeksplor selera musik gue. Contohnya gue yang dulu nggak begitu suka musik folk, sekarang jadi suka banget karena Spotify.

Selain cari musik baru, hal kesukaan gue yang lain adalah kaleidoskop. Mungkin ini ada hubungannya juga dengan latar belakang gue dari bidang sejarah. Rasanya seru aja ngeliat apa aja yang terjadi selama tahun berjalan ini dan bikin sadar bahwa yang namanya waktu itu cepet banget berjalan. Tahun ini banyak banget peristiwa besar yang terjadi mulai dari Amerika Serikat yang melegalkan pernikahan sesama jenis di seluruh negara bagiannya sampai Bruce Jenner yang ganti kelamin dan ganti nama jadi Caitlin Jenner.

Nah, much to my surprise, Spotify ternyata mengeluarkan kaleidoskop juga. Kaleidoskop ini namanya ‘Year in Music’ dan kita bisa ngeliat statistik penggunaan Spotify kita dari bulan ke bulan selama tahun 2015. Konsepnya seru banget sih menurut gue, selain itu interface dan desainnya juga menarik dengan warna-warna segar. Ini dia kaleidoskop Year in Music untuk akun gue menurut Spotify!

Kata Spotify, lagu pertama yang gue dengarkan di tahun 2015 adalah…

1
RAC adalah produser musik dance pop yang cukup terkenal. Di lagu ini, dia berduet dengan St. Lucia, salah satu band synthpop kesukaan gue.

Menurut Spotify, lima artis teratas yang selalu gue dengarkan adalah…

2
Ada James Bay dengah 279 kali, Duran Duran di posisi kedua dengan 103 kali, Tobias Jesso Jr. dengan 98 kali streaming, Unknown Mortal Orchestra dengan 95 kali streaming, dan tiba-tiba ada Jason Mraz. Kayaknya gue jarang dengar Jason Mraz deh…

Selain itu, ada statistik lima album teratas dan lima lagu teratas yang sering gue dengerin.

Yang menarik lagi, ada juga hitungan berapa menit gue mendengarkan lagu di Spotify…

3
24 ribu menit musik = 397 jam = 17 hari penuh musik nonstop!

dan berapa total lagu yang sudah gue dengarkan.

4

Salah satu fitur lain yang menurut gue menarik adalah statistika jenis musik apa saja yang gue dengarkan di Spotify……. menurut musim. Keren kan! Menurut Spotify, di awal tahun gue denger banyak sekali musik dari James Bay, Us the Duo, dan Jason Mraz. Di musim semi, nama James Bay kembali muncul, tapi dua musisi lain digantikan sama Tobias Jesso Jr. dan Tor Miller (dua-duanya memang artis baru kesukaan gue yang musiknya luar biasa keren). Di musim panas… semuanya berubah! Tiga artis yang paling sering gue denger di musim panas lalu adalah Unknown Mortal Orchestra (setuju banget, gue paling gila sama band ini di musim panas lalu), Duran Duran (karena mereka konser bulan Juni), dan Backstreet Boys, hahahaha! Lalu di musim gugur yang baru lewat kemarin, Spotify mencatat gue dengerin James Bay lagi, RHODES, dan Tim Bendzko (penyanyi Jerman yang suaranya bagus banget).

Segmen terakhir di ‘Year in Music’ adalah beberapa berita besar di dunia musik yang dikompilasi oleh Spotify. Rasanya lucu aja baca ulang beberapa berita ini, karena gue inget betapa besar efek berita-berita ini beberapa bulan lalu. Seperti berita ini…

5
Berita yang bikin adik sepupu gue mewek dan galau berhari-hari.

sampai berita macam ini…

6.jpg
Masalah beberapa lagu jaman sekarang yang dituduh plagiat beberapa lagu jaman dulu dalam hal sampling dan musik.

Menurut gue, kaleidoskop versi Spotify ini seru banget. Untuk yang punya Spotify, buruan cek statistik kamu disini!

8 tanggapan untuk “Kaleidoskop Ala Spotify

  1. Woh, keren ya, secara tidak langsung bisa jadi gambaran juga mengenai bagaimana selera musik kita :hihi. itu kalau 24 ribu menit berarti kira-kira satu hari bisa mendengar satu jam lebih ya, terus menerus selama setahun non stop. Wah, betapa kalau kita menekuni kegiatan sehari satu jam saja, dampaknya bisa gede banget… :hehe.

    Suka

Tinggalkan Balasan

