Porquerolles, Surga Terpencil di Selatan Prancis


*Tulisan ini adalah bagian ketiga dari rangkaian perjalanan musim panas ke Prancis Selatan, September 2015. Untuk tulisan mengenai Marseille, baca disini. Untuk tulisan mengenai Aix-En Provence, baca disini.

Akhirnya gue menyempatkan waktu juga untuk menulis tentang Porquerolles, highlight tersendiri dari liburan musim panas gue di Prancis Selatan. Sesungguhnya, alasan gue mengunjungi Prancis Selatan hanyalah semata-mata untuk mengunjungi pulau kecil di ujung Prancis ini. Semuanya bermula ketika gue sedang mencari desa-desa terpencil yang menarik di Prancis Selatan, kemudian mesin pencari membawa gue ke informasi mengenai pulau ini. Menurut mbah Google, Porquerolles (baca: Porkrol) adalah daerah yang dijaga pemerintah Prancis sebagai bagian dari tiga pulau taman nasional yang tergabung dalam Ile de Hyeres, dan ijin pembangunan rumah di Porquerolles susah sekali. Maka itu hanya 1/3 dari pulau yang dijadikan sebagai daerah perumahan dan toko, 2/3-nya dibiarkan asri.

Perjalanan yang ditempuh untuk mencapai Porquerolles juga nggak mudah. Dari Marseille, gue harus naik kereta selama 90 menit ke kota kecil bernama Hyeres. Kemudian harus naik bus ke pelabuhan khusus feri yang akan pergi ke Porquerolles. Feri-nya juga nggak ada setiap waktu, sehingga waktu perjalanan harus bener-bener dihitung. Perjalanan dari pelabuhan ke Porquerolles naik kapal feri kurang lebih 30 menit.

Begitu sampai di pelabuhan Porquerolles, langsung berasa banget deh gimana rasanya surga di bumi itu. Airnya biru banget, tenang banget, aduh pokoknya bagus deh. Gue kemudian beli peta untuk trekking, dan tujuan gue adalah sebuah ceruk dengan nama L’Oustaou de Diou. Berikut adalah penampakan alam dari Porquerolles yang gue suka banget…

PANO_20150901_095213
Pemandangan laut dari salah satu tebing di Porquerolles
PANO_20150901_111406
L’Oustaou De Diou Calanque
PANO_20150901_103932
Perkebunan anggur di perjalanan menuju L’Oustaou De Diou

Porquerolles ini memang pulau yang bisa untuk segala kegiatan alam. Mau trekking ke bukit bisa, mau snorkeling atau diving juga bisa, mau off-road biking juga bisa. Tunggu apalagi? Kapan-kapan kalau ke Prancis Selatan jangan lupa main ke Porquerolles karena pasti nggak bakal nyesel!

Iklan

14 tanggapan untuk “Porquerolles, Surga Terpencil di Selatan Prancis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s