Disangka Bukan Orang Indonesia


Saya sudah 14 bulan tinggal di Belanda, muka juga ngerasa Indonesia banget, lumayan banyak kenal orang Indonesia juga, tapi masih aja banyak orang yang pas ketemu saya bilang saya bukan orang Indonesia.

Waktu baru mulai kuliah dan kenalan sama ketua PPI Leiden tahun lalu, dia mau menemani saya ke Den Haag untuk prosedur lapor diri ke KBRI. Karena kami belum pernah ketemu, jadi saya cuma ngandelin foto Whatsapp-nya saja. Kemudian kami janjian ketemu di dalam stasiun Leiden Centraal. Saya bisa langsung mengenali dia seketika karena wajahnya yang nggak jauh beda dengan yang di foto.

Kemudian waktu di kereta, tiba-tiba dia bilang ke saya, “Eh, awalnya pas lo nyapa gue, gue nggak nyangka itu elo, lho.”

“Lha terus emang kenapa? Emang muka gue nggak keliatan orang Indonesia ya?”

Kemudian si ketua PPI Leiden jawab, “Iya, habisnya lo kayak orang Thailand, sih…”

DUAAAARRRRR!!!!

Memang sih waktu jalan-jalan di Thailand, saya sering banget disapa orang Thailand, dan mereka bilang muka saya mirip banget sama orang Thailand. Saya pikir kejadian kayak begitu cuma ada di Thailand saja, ternyata sampai jauh-jauh ke Belanda, muka saya juga masih kurang Indonesia, toh!

Kejadian lain baru terjadi beberapa minggu lalu. Hari itu saya janjian dengan teman saya di stasiun. Karena datang kepagian, saya menunggu di meja-meja kayu. Kebetulan saya duduk di sebelah seorang ibu berhijab yang langsung kelihatan orang Indonesia. Tapi karena saya nggak kenal jadi saya nggak nyapa. (Emang saya mah orangnya begitu).

Nggak lama kemudian teman saya datang. Kemudian kami ngobrol sebentar. Ternyata teman saya yang telat ini kenal dengan si ibu sebelah saya. Kemudian setelah tahu saya orang Indonesia, ibu itu kaget, “Lho, mbak bisa ngomong Indonesia ya? Mbak orang Indonesia ya? Saya kira bukan orang Indonesia!”

Dalam hati: Üdah biasa diginiin, udah biasa diginiin…

Tapi kadang-kadang punya muka bukan Indonesia banget juga ada keuntungannya. Beberapa bulan lalu, mantan gebetan saya main ke kota saya. Kami jalan-jalan keliling Leiden seharian lalu malam harinya saya mengantar dia ke stasiun. Saat sampai di stasiun, kami berhenti sebentar di depan layar besar yang berisi informasi jam-jam berangkat kereta. Kemudian ternyata di sebelah saya ada beberapa orang Indonesia yang teriak-teriak, “Eh kita harusnya di peron ini nih! Yuk yuk yuk!” Kemudian mantan gebetan saya ngeh dan ketika saya tanya “Kita peron 5, kan?” dia menjawab dengan bahasa Inggris, “Yes, platform 5! Come on!” Mungkin kalau si mantan gebetan nggak jawab pakai bahasa Inggris, kumpulan orang Indonesia norak itu akan nanya-nanya sama kami. Saya sih malas ya…

Keuntungan lainnya adalah bisa pura-pura bego kalau ada di situasi yang banyak orang Indonesia yang suka lebay dan teriak-teriak. Jujur saja, saya paling malas kalau sudah ada di situasi ini. Apalagi kalau ketemu tante-tante yang nyebelin… (percayalah, segala macam orang Indonesia ada di Belanda, mulai dari yang biasa aja sampai yang kebanyakan gaya). Dengan memakai muka saya yang nggak terlalu Indonesia, saya bisa menghindar dari basa-basi nggak jelas, hihihi!

Gimana dengan kamu? Ada yang sering dikira bukan orang Indonesia, padahal keluarga berasal dari Indonesia (nggak ada darah campuran)?

Iklan

18 tanggapan untuk “Disangka Bukan Orang Indonesia

  1. waktu di luar saya malah sering disangka orang jepang…bahkan oleh orang jepang wkwk untung ngerti dikit2…nihon jin janai..indonesia jin desu. eh abis itu minta kenalan >_< hahaha

    Suka

  2. Toss yukkkk gue juga hahahah kalo ga buka mulut ngomong bhs Indo org2 gatau gue dari Indo. Pernah gue sama temen gue lg milih McD rada lama sih trs ada tante2 nyerobot, sama anaknya ditegur suruh antre n si tante ngomel ini orang berdua lama banget sih gapapa dong mama kan udah tua trs gue bilang aja halus, ya udah tante duluan aja deh gapapa kok. Sumpah mukanya merah banget krn malu hahahahaha

    Suka

    1. Itu epic sih Mar. Gue paling males kalo lagi makan di fast food Chinese and Indonesian Food di den haag (go-to restaurant banget kalo lagi belajar terus laper), pasti ada aja gerombolan ibu orang Indonesia yang makan sambil gosip. Ih dengernya aja malu. Akhirnya kalo gitu biasanya gue diem aja deh hahahaha

      Suka

      1. Ha…ha…ini bener banget! Waktu kapan aku makan di satu resto Indonesia sama temen orang Indonesia juga. Meja sebelah rame perempuan Indonesia dengan anaknya dan gossipan mereka tentang orang-orang yang aku tahu juga. Ribet bener mana volume suaranya full dolby stereo pula.

        Suka

  3. Belum pernah sih kalau saya :haha. Apa karena faktor muka kali ya jadi orang pada males basa-basi sama orang? Mungkin karena saya diam saja sih kalau ketemu orang yang nggak dikenal. Ngomong juga ala kadarnya saja. Sibuk dengan urusan sendiri baru iya banget :haha.

    Suka

  4. Aku sering disangka dari Philippines baik pas di Dublin ataupun jalan2 ke beberapa negara. Indonesia menurutku kurang populer sampai mereka gak bisa tebak.

    Btw, yang paling kocak tentunya di Hong Kong. Aku disangka orang Cina Singkawang. Padahal kulit coklat dan mata besar.

    Suka

  5. Ini juga pas liburan ke Bali/Gili kmaren sampe pada suatu saat pas beli snack di warung di Gili sama pesan minum di resto di Gili sampe mbaknya bilang “Bahasa Indonesianya bagus banget” – lha?!!

    Soal nyapa orang Indonesia udah kapok deh, mending pura2 cuek biar dibilang sombong. Sekalinya mereka disapa biasanya lalu kepo. Malesin

    Suka

  6. *toss

    eh, samaan suka judes begitu disini.. sy ngga ada darah campuran, asli Indonesia tertjintah, cuman sy sering dikirain India atau Malaysia ^^ padahal perasaan udah tampang ndeso banget…

    Suka

  7. Gue selalu dikira orang Cina Crys. Disini maupun di Indonesia. Waktu di Bali dikiranya malah orang Jepang/Korea. Ada waktu itu waitress yang nanya pake bahasa jepang, gue nya malah cengok. Hehe!
    Belum denger2 tante2 indonesia ngerumpi disini. Luckily.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s