Curhat: Takut Pulang Kampung


Beberapa waktu lalu, gue menulis tentang excitement gue pulang kampung. Hal-hal yang gue kangenin dari pulang kampung tentunya adalah kesempatan bertemu lagi sama keluarga, nongkrong sama sahabat-sahabat, dan tentunya makan makanan Indonesia yang asli, murah, dan enak-enak. Sebenernya rencana pulang kampung gue hanya sekitar tiga minggu, tapi begitu mau beli tiket, tiba-tiba nyokap Whatsapp gue untuk minta gue memperpanjang waktu liburan jadi empat minggu. Alasannya, biar gue masih ada di Indonesia waktu opa gue ulang tahun. Akhirnya dengan berat hati, gue memutuskan untuk menunda kepulangan gue ke Belanda.

Sebenernya agak aneh juga kalo gue nulis gue berat hati lama-lama di Indonesia untuk pulang ke Belanda. Sebenernya gue nggak punya siapa-siapa di Belanda. Saudara juga punya cuma satu, itupun nggak pernah ketemu. Temen-temen juga beberapa, hanya ada beberapa temen jaman kuliah yang sama seperti gue, ogah pulang ke negara masing-masing. Sebenernya gue nggak punya segitu banyak hal yang bikin gue bakal kangen sama Belanda, tapi entah kenapa gue ngerasa gue takut pulang kampung. Mungkin karena di Belanda gue punya kebebasan gue sendiri, punya lingkaran pertemanan yang berbeda, punya rumah sendiri… pokoknya proses adulting gue semuanya bermula dan ada di Belanda.

top_10_image_1
Walaupun cuma sebulan, tapi gue takut mengalami hal-hal seperti ini

Kalo kata psikolog, kalo kita ngerasa takut/cemas akan sesuatu, lebih baik diutarakan dalam bentuk poin-poin. Oke. Mari kita bikin daftar alasan kenapa gue takut pulang kampung dan kenapa gue nggak mau lama-lama di Indonesia.

  1. Gue takut waktu gue jadi lebih sedikit dalam mencari kerja. Sebenernya gue udah punya rencana, akan jauh lebih intens mencari kerja ketika gue lagi di Indonesia, dengan harapan begitu gue sampe di Belanda, gue akan mulai dapat tawaran wawancara kerja sana-sini. Nah, kalo kepulangan gue ke Belanda diundur seminggu, gue takut rejeki wawancara-wawancara kerja itu akan buyar. Lima hari kerja masih di Indonesia itu cukup lama, lho.
  2. Gue kuatir duit rent gue akan terbuang percuma. Masalah ini tergolong trivial banget sih, tapi entah kenapa gue ngerasa kuatir duit sewa kamar gue akan terbuang gitu aja hanya karena gue pergi selama 19 hari di bulan Juni. Sebenernya gue nggak usah kuatir, anggep aja ini ibarat gue pergi liburan backpacking di Eropa selama tiga minggu, tapi tetep aja rasa pelit itu ada 😦
  3. Gue takut banyak hal yang berubah ketika gue jalan-jalan di Indonesia. Sudah ada gojek, grab car, grab bike, dan juga jajanan baru semakin menjamur di ibukota. Dalam waktu empat minggu, apa mungkin gue bisa menjajal semua hal baru yang ditawarkan ibukota?
  4. Gue takut teman-teman dan keluarga gue menganggap gue sudah berubah. Ya bisa aja kan. Gue ngerasa diri gue nggak berubah tapi ternyata mereka yang lama nggak ketemu gue merasa gue berubah.
  5. Gue takut kemandirian dan kebebasan gue hilang ketika gue di Indonesia. Kan gue pasti tinggal di rumah nenek dan kakek gue lagi, tuh, gue takut gue jadi kembali dikekang untuk pergi kemana-mana. Empat minggu kan, lama.

8

Ada yang pernah ngerasain kayak begini?

43 thoughts on “Curhat: Takut Pulang Kampung

  1. Banget. Aku dulu waktu masih kuliah pulang sekali pas masa kuliah dua tahun itu, lalu setelahnya begitu punya kerjaan dan bisa cari duit sendiri “disuruh” nyokap pulang tiap tahun.

    Kok disuruh? Ya karena emang niatnya agak2 kurang tulus sih kalau bukan soal makanan 😛 You can’t help yourself that you’ve changed, apalagi pas pulang pertama2, bakal banyak komentar ini itu, apalagi sapaan khas Indonesia yang gemukan, kurusan, yang kepo2 lainnya, but you’ll get used to it.

    Sampe sekarang gw hidup tahun ke 10 di luar, tiap kali pulkam masih culture shock, sama orang yang suka ngantri ga jelas, seenak udel lah ceritanya gini gitu tapi untung sama keluarga sendiri mereka udah pada tau aku udah berubah kaya gimana, jadi sudah nggak kaget lagi.

    PS: Aku klo pulkam nggak betah lama2 di rumah, ya hilang independen tadi, mau kemana2 susah, mesti taksi atau dianterin. sementara disini kemana2 jalan aja sendiri. Dua minggu aja udah jambak2 rambut lah 😛 but then again, aku anak durhaka hahaha semoga kamu nggak terlalu culture shock nanti

    Disukai oleh 2 orang

    1. Iya mbak Eva… Aku malah jadi takut banget mau pulang. Paling takut poin terakhir itu, kebebasan hilang sebulan. Kayaknya aku bakal nginep nginep di rumah-rumah sodara juga selama pulang kampung, biar berasa jalan-jalannya dan nggak di rumah melulu…

      Suka

  2. pasti awal2 gitu seh Mba, culture shock, tapiii dinikmatin aja, paling gak kulinernya, 4 minggu gak berasa koq, daaaan wuzzz sudah di pesawat balik Belanda lagi 😀 Nanti klo main ke Capitol bisa kopdar hehehe..

    Suka

  3. Ngacung! Mgkn karena kita udah adjust sama situasi masing2 ya Tal makanya agak ga siap “beradaptasi” lagi dalam jangka waktu yg lama. Waktu masih kuliah jg gitu, libur semester 3 bulan stuck gua di Jkt 😂 pas udah kerja paling lama di Jkt cuma seminggu *lega*

    Yg poin2 ttg kerjaan jg gitu krn gua jg ngalamin. Untung bgt perusahaannya mau nungguin gue balik bbrp hari kemudian

    Suka

    1. Iya bener Grace. Disini gue udah biasa banget, kemana-mana naik sepeda, naik kereta, bawa kantong plastik sendiri kalo mau belanja, beberes rumah, bikin rencana-rencana sendiri. Ngga kebayang kalo sebulan liburan gimana. Tapi harusnya kan gak terlalu fussy ya, mungkin ini kekuatiran gue aja yang mau pulang setelah hampir satu setengah tahun nggak pulang. Iya gue rencananya mau mulai serius cari kerja pas lagi liburan di Indonesia, biar pas balik Belanda udah wawancara kerja dll.

      Suka

  4. Hahaha paham banget Tal. Berasa kalau di rumah malah jadi dimanjain klo gw, kemana2 hrs bergantung org lain (soalnya mo naik motor takut, naek mobil kagak bisa…). Tapi seneng juga sih ktm ortu dan dimasakin masakan rumah hihi…

    Suka

  5. duhh.. tall.. elo pulang 1 bulan aja takutnya bejibunn.. apalagi gwwww.. gw decide buat forgood akhir May inii.. huu.. takutnya dobell.. huuu.. sama2 jiayoo dehh yaa!

    Suka

  6. Tal, waktu gue kemarin pulang Indonesia gue sempet anxiety juga lho. Ga bisa tidur berhari2 krn malem di kasur malah mikirin skenario2 macem2 hahaha. Kayany krn lama belum pulang waktu itu (hampir 3 tahun) but afterwards, pas lu udah balik, perasaannya hilang

    Suka

  7. Aku awal tinggal disini begitu. Dan semakin lama makin ngga kuat macetnya Jakarta, orang-orang yang batalin janji last minute tapi minta reschedule sementara aku jadwalnya ketat dan perbedaan kelas sosial yang makin ketara. Ini asli tiap kali aku balik ke NL bikin jadi mikir.

    Oh ya, dan beberapa hari sebelum liburan disana selesai pasti udah pingin balik ke rumah disini. Kangen dapur 😉

    Suka

  8. Crys, aku sering lho diledekin gini sama suami. Kata dia “kamu bisa ga ntar menyesuaikan diri kalo pas pulang ke Indonesia. Tahan ga dengan cuaca panas di Situbondo? Marah2 ga kalo lihat lihat orang nyerobot lampu merah?…” Dan masih banyak lagi. Aku jadi berpikir iya ya bener juga. Makin emosian ga sih pas pulang haha. Tapi yg pasti kayaknya yg paling susah menyesuaikan cuacanya yg panas.
    Nikmati saja Crys, berpikir positif saja bahwa semuanya akan baik2 saja disana. Kalau dibawa dengan pikiran positif semoga selama pulang semuanya lancar2 saja *ngingetin diri sendiri juga ini.

    Suka

  9. Crystallll.. i feel you.. jadi pas balik dr New Zealand kemarin, kepikirannya cuma 1, is everything changed in that short time? padahal perginya cuma 2 bulan doang, tapi rasa galau itu disitu banget..

    Suka

  10. iya.. i know that feelings… kalau dulu pas pulang habis master 13 bulan di belanda, banyak banget yg sy rasa berubah, tapi cuekin aja, banyak dengerin ((soalnya males dikepoin sodara2/temen2, untung belum jaman sosmed dulunya)) culture shock iya (bahkan sepertinya lebih culture shock pas pulang >.<) tapi kan kamu pulang sebentar doang.. bisa laaaaah tahan…

    ttg rent, iyaaaa, i feel u.. sy juga bakalan pulang juni ini, 2 bulan malah.. nawar2in sublet blm ada nih, hiks… *ogah rugi

    Suka

Tinggalkan Balasan

