Winter is Coming!!!


Di bumi belahan barat, bulan November ini sudah tandanya memasuki musim dingin. Rasanya ya gitu deh… Gue jauh lebih suka bulan Oktober dimana daun-daun masih berguguran, pohon-pohon berubah warna, dan udara yang masih ada panas sedikit. Bulan November boro-boro; pohon sudah gundul semua, dan matahari sudah tenggelam sekitar jam setengah enam sore, membuat produktivitas gue sangat menurun.

Bulan November juga menandakan sebentar lagi Sinterklaas akan datang. Tanggal 5 Desember dirayakan sebagai Sinterklaasdag, biasanya sih anak-anak kegirangan dikasih kado. Selain itu, ada apa lagi ya di bulan November?

COKLAT HURUF dan PEPERNOTEN

Di Belanda, ada tradisi memberi coklat dengan inisial huruf depan nama yang akan diberi coklat. Biasanya, toko-toko coklat dan permen mulai menjual coklat huruf ini sejak akhir Oktober dan awal November. Bukan cuma toko coklat, tapi sampai supermarket dan toko serba ada Belanda, HEMA, juga ikutan jualan. Coklatnya juga macam-macam, mulai dari coklat biasa sampai ada toko-toko coklat yang mempunyai servis untuk menghias coklat sesuai dengan kemauan kita.

Selain coklat huruf, hal lain yang akan sering ditemui di Belanda pada bulan November adalah jajanan khas musim dingin bernama pepernoten. Entah kenapa jajanan ini terkenal di musim dingin, mungkin karena cemilan ini terbuat dari beberapa rempah-rempah seperti cengkeh, anise, dan kayu manis. Rasanya manis dan sedikit ‘hangat’, mungkin itu sebabnya kenapa pepernoten banyak ditemui pada bulan November atau menjelang musim dingin. Dan entah kenapa, pepernoten ngingetin gue sama cemilan khas Manado yang nggak jauh beda bernama biji-biji, padahal bahannya beda banget.

 

pepernoten
Pepernoten

 

 

sinterklaas-chocolade-letter1
Coklat huruf

 

SINTERKLAAS

Nggak seperti budaya Amerika Serikat, orang Belanda punya Sinterklaas ‘sendiri’. Bahkan katanya, Santa Claus ala-ala USA terinspirasi dari Sinterklaas. Alih-alih datang pada malam Natal, Sinterklaas datang ke rumah-rumah pada tanggal 5 Desember. Dan orang Belanda bangga banget lho dengan tradisi satu ini! Sebelum tanggal 5 Desember, sejak tanggal 1-4 Desember biasanya orang sudah mulai membeli kado dan tukar kado, sebuah tradisi yang dinamakan Pakjesavond.

Tradisi Sinterklaasdag ini sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak awal November, hanya saja ini perayaan yang lebih religius. Di Belanda, Sinterklaas akan datang ke kota-kota tertentu dengan asistennya, Pit Hitam atau Zwarte Piet. Menurut legenda, mereka datang naik kapal dari Spanyol. Untuk kota-kota yang nggak punya akses ke perairan, Sinterklaas datang dengan menggunakan alat transportasi lain selain kapal, tentu saja bersama asistennya yang setia, si Zwarte Piet.

Datang dari Indonesia, tradisi Sinterklaas ini sudah bukan tradisi asing lagi untuk gue. Indonesia mengadopsi budaya Sinterklaas walaupun nggak 100%. Kenapa nggak 100%? Karena kami merayakan Sinterklaas pada hari Natal (bukan tanggal 5 Desember seperti di Belanda). Selain itu, kalau di Belanda peran Zwarte Piet hanya menjadi asisten Sinterklaas yang baik dan suka bagi-bagi pepernoten, di Indonesia dia punya peran yang lebih antagonis. Banyak anak-anak yang ketakutan kalau Zwarte Piet datang karena dia terkenal suka membawa karung kosong dan katanya anak-anak nakal akan dimasukkan si Piet ke dalam karung tersebut, hihihi! Kalau inget dulu gue percaya cerita begituan, kadang suka malu xD

31440993-sinterklaas-and-zwarte-piet-making-selfie-isolated-on-white-stock-photo

AANRIJDING MET EEN PERSOON dan sejuta masalah kereta

Pertama kali gue tinggal di Belanda, gue bingung suatu hari kereta menuju Leiden dari Den Haag tiba-tiba jadi sedikit sekali, dan jika mau bepergian ke Leiden harus naik kereta dulu ke Den Haag Mariahoeve dan dari stasiun itu akan diberangkatkan naik bus menuju Leiden. Saat gue melihat papan pengumuman, tertera kata-kata yang nggak gue mengerti: “blablabla aanrijding met een persoon.”

Lama-lama gue mengerti bahwa pengumuman itu berarti ada orang ketabrak kereta sehingga semua kegiatan harus berhenti, entah itu sengaja bentuk bunuh diri atau nggak sengaja ketabrak terus jadinya luka-luka atau meninggal dunia. Dan rupanya semakin dingin cuaca di Belanda, semakin sering fenomena ini terjadi!

Awalnya gue mengira penyakit depresi saat musim dingin adalah hal yang biasa. Ternyata di Belanda kejadian ini sangat marak terjadi, apalagi dengan datangnya musim gugur dan musim dingin. (Gue pernah mengalami ribetnya ganti kereta karena ada orang tertabrak kereta api di musim panas, how could you?). Dan kalau memang depresi berujung ke bunuh diri, metode membiarkan diri tertabrak kereta adalah metode yang cukup populer.

Selain masalah tabrak menabrak di rel kereta, masalah lain yang sering mengganggu transportasi umum di bulan November adalah masalah cuaca, terutama badai. Akhir minggu lalu, Belanda mengalami badai yang cukup keras dengan kecepatan angin rata-rata 50 km/jam dan hujan sepanjang hari. Otomatis banyak sekali perjalanan yang tertunda, bahkan dibatalkan, karena keadaan cuaca yang buruk.

Iklan

10 tanggapan untuk “Winter is Coming!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s