Cerita Kerja Hari Pertama


Siapa sih yang nggak excited sama pengalaman baru? Hari ini bisa dibilang jadi babak baru dalam kehidupan gue di Belanda karena hari ini adalah hari pertama gue kerja jadi pegawai kantoran. Gue bekerja di bagian Marketing dari sebuah perusahaan start-up yang berkegiatan di bidang desain industri. Walaupun masih terbilang start-up, tapi perusahaan gue ini sudah punya tiga kantor di tiga benua berbeda dan semakin hari perkembangannya semakin pesat. Cerita tentang usaha keras gue dapat kerja bisa dilihat di tulisan-tulisan sebelumnya. Kali ini, gue mau cerita tentang hari pertama kerja yang baru saja berakhir sekitar tiga setengah jam yang lalu.

Gue datang sengaja nggak terlalu pagi tapi juga nggak terlalu siang. Si General Manager pernah bilang kalau jam kantor mereka antara jam 08.30-17.00 atau 09.00-17.30, dan biasanya orang kantor pada datang antara jam 08.30 sampai jam 09.00. Ya sudah, gue ambil jalan tengah aja, gue datang jam 08.45. Begitu gue datang, baru ada sedikit pegawai yang masuk, kemudian gue dikenalin ke orang-orang yang ada di kantor. Semakin banyak orang yang datang, semakin banyak pula yang mau kenalan sama gue. Rata-rata pegawainya bukan orang Belanda, malah yang orang Belanda cuma ada sekitar 3 orang. Kolega-kolega baru gue datang dari beberapa negara seperti Taiwan dan Prancis.

Setelah perkenalan singkat dan briefing singkat dari kolega gue, gue dipersilahkan ngutak-ngatik laptop kantor untuk membiasakan diri dengan dokumen-dokumen dan proyek-proyek yang sedang atau akan berlangsung. Awalnya gue ngira hari pertama gue akan gabut seperti hari pertama gue di pekerjaan pertama waktu di Indonesia, ternyata nggak tuh, karena hari pertama gue diisi dengan perkenalan dari berbagai aspek kantor, tadi sih dari aspek Marketing, Sales, dan dari aspek personalia.

Bisa dibilang, hari pertama gue tergolong sangat lancar. Sepertinya seminggu pertama ini gue akan belajar lebih banyak dulu tentang produk-produk si perusahaan, kemudian untuk sebulan pertama gue akan minta ke atasan gue untuk mulai learning by doing dari beberapa proyek yang sedang berlangsung. Soalnya gue nggak bisa belajar dengan cara cuma observasi dari jauh, tapi gue harus praktekkin sekalian biar gue cepet ngertinya.

On the other hand, di hari pertama ini gue sudah dapat teman dari almamater kampus yang sama dan tinggal di kota yang sama. Gue juga udah menyetujui ikutan makan malam kantor hari Kamis. Kami akan makan all-you-can-eat dim sum di restoran dim sum terkenal di Den Haag yang buka sampai jam 1 pagi :p

Doakan semoga gue cepet beradaptasi dengan kantor baru ini, ya!

Iklan

12 tanggapan untuk “Cerita Kerja Hari Pertama

  1. Semangat ya Mbak dengan pekerjaan barunya, hehe. Iya learning by doing itu membuat adaptasi jadi lebih cepat. Segala sesuatu nggak bisa kalau cuma dijelaskan, tapi kudu dilakukan juga. Jadi interaksinya juga lebih cepat intensnya kan. Semoga sukses dengan acara kantor pertamanya!

    Suka

  2. Good luck, Crystal! Glad to know that you’re in quite steady position hehe 🙂 Ih gue juga gitu, minggu2 pertama di kantor baru gada nyantainya cuyy.. Lgsg ngurusin ini-itu sama sedikit product knowledge. Beda banget ama yg di Bali 😆

    Suka

  3. Hi Crystal, salam kenal. Aku september ini akan ke Utrecht untuk lanjut S2 di TIAS. Nanti boleh kopdar kalo udah di sana? Haha soalnya ga ada kenalan juga di Netherlands 😀

    Desma

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s