Hari 4: Kenangan Masa Kecil Favorit


Sebenernya ada banyak banget kenangan masa kecil yang nggak bisa gue lupakan. Mulai dari yang malu-maluin seperti cinta monyet waktu TK dan selalu muntah pas pelajaran melipat, juga waktu TK. Pernah juga pipis di celana saat kelas 1 SD karena takut bilang ke Bu Guru kalau gue mau ke toilet. Tapi kenangan-kenangan itu kurang mengesankan daripada kenangan yang akan gue ceritakan ke kalian di tulisan 15 Day Writing Challenge hari ini.

Waktu kecil dulu, sampai umur 7 tahun, gue punya sepasang nenek dan kakek dari pihak ibu yang tinggal deket banget dengan rumah gue. Jaraknya cuma berbeda satu nomor doang. Karena mereka orang Sunda, gue memanggil mereka Nini (nenek) dan Aki (kakek). Mereka termasuk warga veteran di lingkungan gue, sama seperti oma dan opa dari pihak bokap gue, lha wong cerita cinta bokap dan nyokap gue dimulai dari rumah mereka yang bertetangga itu, kok… (Khas cerita pacaran jaman dulu banget, ya).

Sepertinya waktu kecil dulu hampir semua waktu luang gue, gue habiskan dengan bermain di rumah Nini dan Aki. Waktu masih TK, mereka suka gantian dengan sopir dari oma untuk antar jemput gue sekolah. Kemudian setelah pulang sekolah, selalu mampir ke mall terdekat untuk makan di Pizza Hut! Gue masih ingat gue adalah penggemar berat spaghetti-nya Pizza Hut, setiap kali kesana selalu makan spaghetti. Selepas TK, gue selalu menghabiskan waktu luang setelah bikin PR di rumah Aki dan Nini, entah itu main rumah-rumahan, nonton TV, atau main Nintendo.

Walaupun Aki dan Nini sama-sama membesarkan gue, tapi gue selalu merasa lebih dekat sama Aki. Sepertinya kalau disuruh menjabarkan kenangan mana yang paling gue ingat, pasti yang muncul di benak adalah kenangan-kenangan bersama Aki. Beliau adalah koki nasi goreng paling enak, bahkan gue suka minta dia cerita deskripsi bikin nasi goreng sedetil mungkin, dan entah kenapa setiap deskripsinya selalu bikin imajinasi gue melayang ke nasi goreng panas dan nikmat disantap. Beliau juga suka banget memanjakan cucunya (baca: gue), terbukti dengan banyaknya mainan yang selalu dia beli untuk gue. Pokoknya apapun yang gue minta, sebisa mungkin bakalan dikasih sama dia. Yang paling gue inget, dulu gue punya ‘gebetan’ waktu TK yang selalu diantar jemput pakai mobil Vitara warna putih. Gue kemudian merengek ke Aki, minta ganti mobil yang sama dengan warna yang sama. Beberapa bulan kemudian, beliau ganti mobil jadi Vitara warna hitam.

Aki juga orang yang mengajarkan gue betapa pentingnya membaca buku sejak kecil. Di rumahnya, ada banyak sekali ensiklopedi, termasuk buku super tebal berjudul Buku Pintar karangan Iwan Gayo. Siapa sih generasi 90-an yang nggak kenal sama buku ini? Waktu kecil, gue paling suka baca buku ini karena ada banyak banget informasi yang menarik, seperti rekor MURI, daftar pemenang Oscar dari tahun ke tahun, arti nama, dan yang paling menarik tentu saja informasi tentang zodiak dan peruntungan shio! Bisa dibilang, gue mengenal ilmu pengetahuan di luar sekolah, ya di rumah Aki dan Nini.

Sejak dulu gue memang sudah tahu bahwa Aki mengidap kencing manis, tapi gue dulu kan masih kecil, mana ngerti sih sama penyakit yang berbahaya dan mana yang tidak. Beliau masuk rumah sakit saat gue dan keluarga dari bokap pergi berlibur ke Manado, sesuatu yang biasa kami lakukan setiap tahun. Yang gue inget, waktu denger Aki masuk rumah sakit, kami gak berhenti-berhenti berdoa dari Manado. Mau pesan tiket pulang juga nggak bisa karena nggak dapat tiket. Setelah akhirnya kami bisa pulang, gue diberi kabar oleh teman keluarga bahwa Aki sudah meninggal dan jenazahnya sedang dibawa ke rumah Aki dan Nini di Ciwidey untuk dimakamkan disana, di makam sebelah almarhumah nyokap gue. Kemudian gue marah karena gue ngerasa orang-orang pada bohong semua sama gue, soalnya gue dikasih tau beberapa jam setelah mendarat, bukan saat beliau baru meninggal. Bayangin aja, gue masih umur 7 tahun waktu itu, tapi gue udah bisa ngerasa kayak gitu soal meninggalnya si Aki.

Beberapa minggu setelah Aki meninggal, bokap gue ngajak bicara tentang Aki. Gue lupa apa yang kami obrolin, tapi gue inget ada hal yang janggal beberapa hari sebelum gue berangkat ke Manado. Jadi biasanya gue cerita sama Aki bahwa gue mau berangkat ke Manado, dan biasanya dia juga nanggepin biasa-biasa aja. Tapi saat itu, entah kenapa muka beliau langsung sedih dan bilang bahwa gue nggak boleh pergi ke Manado. Karena gue masih kecil, ya pasti gue mikir “Apaan sih?”. Mungkin itu adalah pertanda bahwa sebentar lagi beliau akan pergi. Ditambah lagi gue dengar cerita dari Nini, waktu dia masuk rumah sakit, dia megangin foto gue terus. Ya oloh, bahkan sekarang pas nulis aja gue agak gemeteran dan rada pengen nangis (tapi harus kudu setrong, gue nulis ini di kantor!).

Ya begitulah kenangan masa kecil gue… Kenangan bersama Aki dan Nini yang nggak bisa gue ulang. Sekarang Nini tinggal di Bandung. Beberapa tahun setelah Aki meninggal, Nini menikah lagi dengan pacar pertamanya, yang gue panggil Aki Lukman. Sekitar enam tahun lalu, Aki Lukman meninggal karena penyakit tua. Kini Nini tinggal di rumah yang dulu dia tinggali dengan Aki Lukman, berdua dengan adik dan pembantunya. Nini juga sekarang udah sakit-sakitan… beliau kini duduk di kursi roda, dan sudah sering lupa, padahal umurnya belum menginjak 7o tahun. Bahkan nenek gue dari pihak bokap yang jauh lebih tua dari dia aja masih lebih aktif daripada beliau. Setiap gue telepon Nini, gue selalu nggak tahan ngobrol lama-lama karena gue nggak mau kelihatan terlalu mengasihani dia karena gue tau dia nggak mau orang kasihan sama dia karena dia sakit-sakitan. Ngerti nggak sih? Ya pokoknya gitu deh.

Sampai bertemu di cerita besok! Semoga cerita besok nggak berujung sedih seperti tantangan hari ini xD

14 thoughts on “Hari 4: Kenangan Masa Kecil Favorit

  1. Tal… sedih bacanya nih sampe bibir gue bergetar 😦 gue inget kakek gue dari pihak Mama (gue panggilnya Akong) — meninggal karena dementia. Dulu gue cucunya yang paling kecil, jadi paling disayang juga. Gue manggilnya Akong Putao, soalnya dia suka suapin gue anggur (bahasa chinesenya putao)

    Suka

    1. Gue dulu cucu satu-satunya mereka (ya iya lah, anaknya juga cuma satu, udah meninggal pula), jadi pantes aja gue dimanjain banget. Ditambah lagi, pas gue udah rada gedean gue baru tau kalo almarhumah nyokap gue tuh sebenernya anak angkat, dan sebenernya Nini dan Aki asli gue bukan mereka, tapi seorang nenek yang sering gue panggil Nini Momot. Suaminya udah meninggal dari lama. Nini Momot tinggal di Ciwidey (Bandung) tapi sejak kecil gue nggak deket sama sekali ama dia karena rumahnya jauh dan dia emang udah tuaaaaa… banget. Secara hubungan darah, Nini Momot ini adalah kakaknya Nini gue, berarti almarhumah nyokap gue sebenernya keponakan mereka ya, yang akhirnya diangkat anak.

      Suka

    2. Klo ngomongin dementia, aku pasti lgsg inget bapak mertuaku. Beliau terserang dementia udah bbrp thn dan sayangnya gak sempet mengenali anakku (udah keburu pikun). Manalah lagi Papahku jg kena stroke pas si B masih usia bbrp bulan. Syukurnya Papah masih inget sama B. Klo nggak, kan kasian B: punya kakek 2 orang– masih hidup…. tp nggak ngenalin dirinya 😦 Aku sendiri cm sempet punya 1 orang kakek. Sempet nyesel dulu, kok nggak berjilbab pas beliau masih hidup spy beliau senang liat cucu perempuannya pada pake jilbab.

      Suka

  2. Sedih banget.. jadi inget Opung ku juga nih (nenek dari pihak mama). Sesaat sebelum opung pergi, sempat gak ingat sama sekitar (pikun,maaf ya pung) tapi dia selalu ingat namaku, tanya aku terus pas udah sakit menjelang meninggal. Sayangnya beliau pergi pas aku masih otw jenguk. 😒

    Suka

    1. Ya ampun sama banget ga sempet ketemu pas dirawat :”( aku ga tau apa apa tentang Aki yang sakit kencing manis pas di rumah sakit. Setelah meninggal, ada indikasi malpraktik karena harusnya operasi kencing manis kan gampang, lah ini sampe meninggal.

      Suka

    1. Iya, sayang banget dia cepet banget meninggalnya. Abis dia meninggal itu, emang hubungan gue ama Nini jadi agak renggang karena setelah itu dia jual rumah di kompleks dan pindah ke Ciwidey. Rumah penuh kenangan banget deh tuh yang di kompleks, tempat main setiap sore dan belajar banyak hal mulai dari baca buku sampe mengenal tanaman.

      Suka

      1. Eh smalam aku komen ttg dementia juga tp kayaknya ngga masuk 😦 bapak mertuaku kena dementia sebelum anakku lahir. Skrg ya udah gak mengenali siapa2 lg termasuk anak2nya sendiri…. 😦

        Suka

Tinggalkan Balasan

