Hari 6: Belajar Coding


Hari ini tema menulisnya adalah tentang hal yang selalu ingin dilakukan tapi nggak pernah dilakukan. Nah, gue kepingin sekali belajar bahasa pemrograman alias coding, tapi entah kenapa selalu nggak pernah tuntas.

Ketertarikan gue dengan coding berawal sejak tahun 2003, dimana Friendster sangat populer. Beberapa tahun kemudian, mulai banyak website dimana kita bisa copy dan paste kode-kode tertentu untuk memperbagus halaman Friendster kita. Mulai dari tambah glitter, stiker lucu, dan lain-lain. Nah, saat itu gue mulai tertarik dengan kode-kode tersebut dan berusaha untuk mempelajarinya. Bahkan dulu profil Friendster gue murni buatan sendiri lho… dengan sabar gue mengedit kode-kode dari kode yang sudah ada untuk memberi kesan lebih ‘gue banget’ untuk profil Friendster gue.

Waktu SMA, giliran blog yang ngetren. Gue sendiri sudah mulai ngeblog sejak SMP di Friendster. Akhirnya gue memutuskan untuk ganti platform ke Blogspot karena di Blogspot lebih gampang untuk personalisasi blog-nya. Nah, sejak pindah ke Blogspot itu, gue mulai lebih tekun lagi mencari blogskin yang bagus untuk blog gue. Salah satu website yang sering gue kunjungi adalah blogskins.com, dimana gue bisa nyomot skin blog apapun yang gue mau dan bisa gue personalisasi sesuai keinginan gue. Nah, di Blogspot ini, gue mulai mengenal bahwa kode-kode yang gue mainin sejak jaman Friendster di SMP itu adalah bahasa kode bernama HTML dan CSS.

Di kelas 3 SMA, untuk pelajaran Komputer, kami belajar program Dreamweaver yaitu program untuk membuat website sendiri. Kali ini gue belajar HTML dari awal. Karena sejak dulu sudah gape bergaul dengan HTML, jadinya ini bukan perkara sulit, bahkan kelompok gue berhasil meraih nilai tertinggi untuk tugas akhir kami, yaitu tugas membuat website dari awal sampai launching dengan domain sendiri.

Sayangnya, hobi gue utak-atik kode berhenti saat kuliah. Dulu sih nggak ngerasa ngefek apa-apa, tapi belakangan ini makin banyak aplikasi yang dibuat, dan makin banyak bahasa coding yang semakin terkenal untuk membuat aplikasi dan halaman web seperti Javascript atau Phyton. Makin banyak juga gerakan untuk mulai belajar coding dengan banyaknya website yang menawarkan kursus coding mulai dari yang gratis hingga berbayar. Dan gue merasa ketinggalan plus menyesal kenapa dari dulu nggak lanjutin belajar HTML atau mulai belajar bahasa pemrograman lain seperti Javascript.

Kalau ditanya kenapa sampai sekarang belum belajar coding, masalahnya cuma satu: waktu. Pas jaman pengangguran sih gue punya waktu untuk belajar, tapi kursus coding itu mahal dan aplikasi belajar sendiri juga mahal. Padahal gue punya aplikasi di ponsel bernama Mimo yang cocok banget dengan metode belajar gue. Sekarang giliran sudah punya duit, malah nggak punya waktu untuk belajar. Semoga di lain waktu gue nggak terlambat untuk belajar coding dan bisa bikin website sendiri dengan Javascript, HTML dan CSS…

6 thoughts on “Hari 6: Belajar Coding

  1. Aaah gw love and hate sama coding, tapi kayaknya harus menguasai kalo mau naik kelas ke digital. Sebenernya gw agak berbakat sih dengan coding2an. Waktu kuliah melalui kelas permodelan pake fortran dengan baik-baik saja. Trus pas S2, thesis gw pun permodelan gempa, linux based, kembali dengan fortran. Jangan tanya waktu pertama kenal R, beeuuhhh sampe begadang sama temen di kampus demi nyobain satu demi satu perintah R. Sekarang kenapa memble, ya mari salahkan waktu 😀 Pingin banget belajar javascript sama phyton niiihh…

    Suka

  2. Klo belajar coding dulu juga sempat tertarik, cuma akhir2 udah nggak belajar coding lagi. Lagian nggak begitu perlu mengingat sekarang banyak kode2 yg tibggal copas dan jadilah apa yang kita inginkan tanpa pengetahuan coding sekalipun.

    Suka

Tinggalkan Balasan

