Hari 9: Hore, Pergi ke Belanda!


Hari ke-9 ini temanya adalah “Ceritakan tentang hari terbaikmu”. Ada banyak hari yang gue anggap sebagai hari terbaik, tapi yang paling membekas adalah hari dimana gue dapat surat undangan masuk kuliah S2 di Leiden.

Sejak dulu, cita-cita gue memang sekolah di luar negeri. Waktu SMA mau ke S1 dulu, Papa sempat menawarkan sekolah di Australia. Gue sih mau mau aja, apalagi jurusannya juga boleh pilih sendiri, tapi tiba-tiba Papa jadi enggan karena alasan-alasan yang nggak penting. Akhirnya gue mengubur mimpi sekolah ke luar negeri dalam-dalam sejak itu.

Setelah lulus S1, gue bekerja sebagai tenaga administrasi di sebuah kursus bahasa Inggris. Pekerjaan ini adalah pekerjaan profesional pertama gue, tapi lama-lama gue ngerasa bahwa jiwa gue nggak di pekerjaan itu. Ditambah lagi gue lagi bosen-bosennya sama kehidupan di Ibu Kota, dan gue merasa nggak nyaman dengan kehidupan pribadi di Indonesia. Gue mulai bersikap kritis dengan hidup gue dan gue merasa bahwa hidup gue nih bisa diperbaiki. Akhirnya gue iseng-iseng mendaftarkan diri untuk S2 di Leiden untuk jurusan yang gue minati yaitu Asian Studies. Karena gue tahu orangtua gue udah enggan membiayai gue kuliah di luar, gue iseng-iseng daftar beasiswa juga. Rentang gue daftar beasiswa dan daftar kuliah nggak jauh-jauh amat, sekitar selisih dua minggu.

Hari paling bahagia gue adalah ketika gue dinyatakan lolos aplikasi beasiswa dan dapat surat undangan ke Leiden, tepat beberapa minggu setelah gue keluar dari kantor. Emang, gue segitu niatnya pengen sekolah di luar negeri, sampe-sampe gue resign dari kantor sebelum semuanya jelas xD Kelakuan nekad, memang, tapi kayaknya kalau nggak nekad kayak gitu, nggak mungkin sekarang gue bisa ada disini.

Rasanya waktu dinyatakan jadi penerima beasiswa plus lolos aplikasi S2 tuh campur aduk jadi satu, tapi rata-rata gue ngerasa seneeeeeeeengggggg…….. banget. Ada sedikit rasa sedih akan meninggalkan keluarga, sih, tapi gue mikir kalau gue mikir begitu terus, pasti gue nggak akan berkembang sebagai individu. Akhirnya beberapa bulan setelah pengumuman sakti tersebut, gue berangkat ke Belanda sebagai mahasiswa sekolah master. Dua tahun kemudian, gue masih disini sebagai pegawai kantoran xD

Iklan

7 tanggapan untuk “Hari 9: Hore, Pergi ke Belanda!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s