Guru Paling Berkesan

Masa sekolah adalah masa paling menyenangkan, apalagi saat SD. Selain teman-temannya, masa SD tuh masa paling polos makanya berkesan banget untuk gue. Dimana temenan cewek-cowok nggak berujung “Cieee pacaran...” dan ledekan lain yang biasanya dimulai sejak SMP. Selain teman-teman, yang paling berkesan saat SD adalah guru-gurunya. Gue punya tiga nama yang paling berkesan buat gue, … Lanjutkan membaca Guru Paling Berkesan

Iklan

Cari Kerja di Belanda: Search Year Permit (Zoekjaar)

Belakangan ini, banyak banget e-mail yang masuk ke inbox gue, minta suntikan penyemangat buat cari kerja di Belanda, bahkan ada juga yang nanya, banyakan dapet kerja di Belanda tuh bermula dari kuliah atau langsung cari kerja disini. Berhubung gue lagi baik, gue lagi pengen membahas sekelumit tentang mencari kerja di Belanda terutama bagian ijin tinggal … Lanjutkan membaca Cari Kerja di Belanda: Search Year Permit (Zoekjaar)

Haruskah Kita Belajar Bahasa Mereka?

Suatu hari, kantor gue menerima telepon dari orang balai kota. Mereka menanyakan nama gue, tapi dengan embel-embel “Saya nyari yang bisa bahasa Belanda, ya”. Akhirnya gue nekad menjawab telepon tersebut karena memang ditujukan untuk gue. Begitu gue menjawab telepon, suara di seberang berkata, “Kamu bisa bahasa Belanda nggak?” Gue jawab, “Saya bisa ngerti kamu kalau … Lanjutkan membaca Haruskah Kita Belajar Bahasa Mereka?

Anak Rantau Masak: Bakso

Bakso adalah makanan favorit gue di Indonesia. Apalagi bakso dekat pasar di daerah gue, wah enaknya nggak ketulungan karena kaldu sapinya benar-benar dari tulang dan tetelan sapi. Sayangnya angan-angan makan bakso asli abang-abang hilang begitu memutuskan untuk hijrah ke Belanda. Banyak restoran Indonesia yang menjual menu bakso disini, tapi kok rasanya nggak seenak bakso abang-abang. … Lanjutkan membaca Anak Rantau Masak: Bakso

Masalah Group Chat

Sebagai makhluk pengguna media sosial dan ponsel pintar di jaman sekarang, pasti kita semua punya satu atau dua aplikasi ngobrol yang selalu digunakan untuk bertukar informasi. Untuk gue, gue punya tiga aplikasi: WhatsApp dan LINE untuk pribadi (walaupun lebih sering berinteraksi di WhatsApp) dan WeChat untuk kantor. Sebagai pengguna aplikasi ngobrol, gue cenderung pasif. Maksudnya, gue … Lanjutkan membaca Masalah Group Chat

tinggal/belajar disini tapi nggak mau ikut regulasi sini…

Mau numpang curhat sedikit dengan suka duka pekerjaan di kantor. Jadi, tugas utama gue di kantor adalah mencari offline channels untuk mempromosikan produk gue. Nah, makanya gue harus buka mata buka telinga dengan kemungkinan bekerjasama organisasi/toko/hotel/hostel/cafe apapun, karena produk yang gue pasarkan itu sangat luas jangkauannya dan targetnya juga beragam. Salah satu target gue adalah mahasiswa, karena … Lanjutkan membaca tinggal/belajar disini tapi nggak mau ikut regulasi sini…

Kenangan Ospek

Di blognya, salah satu tulisan terbaru Stephanie adalah tentang mengingat hari pertamanya di universitas. Gue komen disitu dan Stephanie minta gue cerita kenangan hari pertama di kampus. Wah, ceritanya segudang deh kalo soal itu! Dulu gue terkenal sebagai mahasiswa baru (maba) yang bandel. Di kampus gue dulu, maba punya dua kali ospek. Yang pertama adalah … Lanjutkan membaca Kenangan Ospek