Sekolah di Belanda, Siap-Siap Bayar Mahal

Sebelum baca tulisan ini lebih jauh, coba deh baca tautan berikut. Niscaya bakal lebih nyambung. Belanda memang salah satu negara di Eropa daratan yang sangat internasional dalam masalah pendidikan. Nggak seperti di Jerman, sekolah di Belanda nggak mewajibkan kamu untuk belajar bahasanya terlebih dahulu. Sekarang ini, hampir semua universitas di Belanda (HBO/WO*) terutama di kota-kota … Lanjutkan membaca Sekolah di Belanda, Siap-Siap Bayar Mahal

Iklan

Kantor Sempurna Itu Tidak Akan Pernah Ada

Belakangan ini ada banyak sekali peristiwa yang terjadi di kantor gue, terutama di divisi gue. Mulai dari Manager yang kadang berasa bukan Manager, sampai kolega yang kadang gue nggak pengen denger satupun kata yang keluar dari mulutnya. Gue terus-terus merapal mantra, "Kantor sempurna itu tidak akan pernah ada". Setiap gw selesai makan siang, dan gelombang … Lanjutkan membaca Kantor Sempurna Itu Tidak Akan Pernah Ada

Belajar Bahasa Belanda dengan Delftse Methode

Belajar bahasa asing itu susah-susah gampang. Ada yang bilang genetik mengambil peran, ada juga yang bilang karena metode belajar atau cara belajar masing-masing individu. Selain itu, rasa nggak pede juga bisa jadi penghambat. Gue nggak percaya tuh kalau makin tua makin susah belajar bahasa. Kalau makin tua makin susah cari waktu untuk belajar sih, iya. … Lanjutkan membaca Belajar Bahasa Belanda dengan Delftse Methode

Antara Kerststol dan Babi Rica

Pertama-tama gue mau mengucapkan, selamat hari Natal dan selamat berlibur bagi kita semua! Semoga di hari Natal kali ini kalian semua diberi kesehatan dan kegembiraan berkumpul sama keluarga dan teman. Kali ini adalah Natal ketiga gue di Belanda. Natal pertama: biasa aja, dihabiskan bersama teman. Natal kedua dan ketiga: dihabiskan bersama R dan keluarganya. Berhubung … Lanjutkan membaca Antara Kerststol dan Babi Rica

Snow on the sahara

Lebay sih judulnya. Ini bukan mau ngomongin lagunya Anggun yang populer banget itu, melainkan mau cerita tentang salju yang dialami seluruh Belanda hari Minggu dan Senin kemarin. Kenapa gue bilang "Sahara"? Karena ternyata Belanda udah lama banget nggak mengalami salju yang tebal, selama dua hari pula. Hal ini mengakibatkan kelumpuhan hampir semua transportasi umum terutama … Lanjutkan membaca Snow on the sahara

Seberapa Pentingkah Stereotip?

Ceritanya, saya punya kolega baru. Dia duduk di meja sebelah saya, jadi sebenernya kami tuh tetanggaan. Kolega baru saya ini asalnya dari Singapura, tapi sudah melanglang buana sejak lulus D3. Kuliah di Australia, lalu S2 di Belanda. Cukup internasional lah, ya. Orangnya ceplas-ceplos, rame, dan heboh. Kebalikan banget deh sama saya yang kalo di kantor … Lanjutkan membaca Seberapa Pentingkah Stereotip?