Money and Happiness Factor

Cuma curhatan ngalor ngidul, sih. Pas gue lagi bersepeda pulang beberapa jam lalu, entah kenapa gue kepikiran soal hubungannya jabatan dan level kebahagiaan seseorang. Gue jadi inget pas liburan ke Indonesia, oma gue dan beberapa anggota keluarga pasti nanya tentang hal yang paling pribadi yang ogah disebutkan keras-keras: gaji per bulan. "Kamu digaji berapa per… Continue reading Money and Happiness Factor

Iklan

Mencoba Jasa Clothing Box

Salah satu kelemahan gue adalah: gue nggak bisa belanja baju. Kalau gue pergi ke toko pakaian, pasti ujung-ujungnya nggak beli apa-apa karena gue orangnya pelit banget soal baju. Motto gue adalah, "Lebih baik makan makanan seharga 30 euro daripada beli setelan dengan harga yang sama". Karena kelemahan gue ini, maka isi lemari baju gue itu-itu… Continue reading Mencoba Jasa Clothing Box

Etika Mencari Kerja yang Baik dan Benar!

Beberapa bulan ini, gue jadi manajer proyek di kantor. Intinya, perusahaan gue lagi nyari agen-agen individual di luar Belanda yang bisa jadi agen penjual ulang produk kantor gue untuk pasar negara mereka. Maka itu, tiap hari kerjaan gue cuma nongkrongin situs pencari kerja dalam berbagai bahasa. Rata-rata yang ngelamar kerjaan ini tuh anak kuliahan atau… Continue reading Etika Mencari Kerja yang Baik dan Benar!

Resign dari Kantor?

Belakangan ini, dua sahabat gue di Indonesia lagi galau. Galau pekerjaan lebih tepatnya. Mereka berdua ingin keluar dari tempat kerja mereka. Yang satu udah dapat kerjaan lain yang lebih bagus, yang satu lagi masih nyari kerjaan dan udah diundang wawancara minggu depan oleh sebuah perusahaan ritel. Dua sahabat gue ini punya dilema yang sama: perusahaan… Continue reading Resign dari Kantor?

Menikah vs Pacaran di Erop

Hari Jumat lalu, seorang teman baik nanya via aplikasi chat: "Bedanya pacaran sama nikah di Eropa tuh apa sih?" Dia nanya pertanyaan ini karena di Indonesia, dia melihat pacaran dan menikah di Eropa tuh gak ada bedanya, kayak bebas banget gitu. Sebenernya ini pertanyaan yang cukup klise sih, dan kalau diterusin lama-lama isu stereotip dan… Continue reading Menikah vs Pacaran di Erop

Belajar Bahasa Belanda dengan Delftse Methode

Belajar bahasa asing itu susah-susah gampang. Ada yang bilang genetik mengambil peran, ada juga yang bilang karena metode belajar atau cara belajar masing-masing individu. Selain itu, rasa nggak pede juga bisa jadi penghambat. Gue nggak percaya tuh kalau makin tua makin susah belajar bahasa. Kalau makin tua makin susah cari waktu untuk belajar sih, iya.… Continue reading Belajar Bahasa Belanda dengan Delftse Methode

Antara Kerststol dan Babi Rica

Pertama-tama gue mau mengucapkan, selamat hari Natal dan selamat berlibur bagi kita semua! Semoga di hari Natal kali ini kalian semua diberi kesehatan dan kegembiraan berkumpul sama keluarga dan teman. Kali ini adalah Natal ketiga gue di Belanda. Natal pertama: biasa aja, dihabiskan bersama teman. Natal kedua dan ketiga: dihabiskan bersama R dan keluarganya. Berhubung… Continue reading Antara Kerststol dan Babi Rica

Snow on the sahara

Lebay sih judulnya. Ini bukan mau ngomongin lagunya Anggun yang populer banget itu, melainkan mau cerita tentang salju yang dialami seluruh Belanda hari Minggu dan Senin kemarin. Kenapa gue bilang "Sahara"? Karena ternyata Belanda udah lama banget nggak mengalami salju yang tebal, selama dua hari pula. Hal ini mengakibatkan kelumpuhan hampir semua transportasi umum terutama… Continue reading Snow on the sahara

Seberapa Pentingkah Stereotip?

Ceritanya, saya punya kolega baru. Dia duduk di meja sebelah saya, jadi sebenernya kami tuh tetanggaan. Kolega baru saya ini asalnya dari Singapura, tapi sudah melanglang buana sejak lulus D3. Kuliah di Australia, lalu S2 di Belanda. Cukup internasional lah, ya. Orangnya ceplas-ceplos, rame, dan heboh. Kebalikan banget deh sama saya yang kalo di kantor… Continue reading Seberapa Pentingkah Stereotip?

Lain lubuk, lain ikannya

Belakangan ini lagi rame muncul di linimasa Facebook gue, sebuah artikel berbahasa Belanda tentang sepak terjang Buni Yani. Yang bikin menarik. artikel tersebut bukan hanya artikel ecek-ecek, tapi merupakan sebuah laporan mendalam tentang fenomena 'pahlawan pendidikan' (onderwijshelden) di Indonesia, indikasi infiltrasi oknum salah satu partai Islam di Indonesia di dalam tubuh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI)… Continue reading Lain lubuk, lain ikannya