Karena Belanda Bukan Hanya Amsterdam…

Bagi para pejalan newbie yang baru pertama kali menginjakkan kaki ke Eropa, biasanya Belanda menjadi negara tujuan pertama. Hal ini disebabkan banyaknya promo tiket pesawat dari maskapai Asia atau Timur Tengah ke Belanda. Biasanya, rute negara paling umum yang dikecap pejalan Eropa newbie adalah sebagai berikut: Belanda-Belgia-Prancis-Italia. Sayangnya, walaupun Belanda sering disinggahi pejalan sebagai negara pertama, … Lanjutkan membaca Karena Belanda Bukan Hanya Amsterdam…

Iklan

Connecting To The Past, Nieuwe Keizersgracht Style

Soekarno, the first president of Indonesia, once proclaimed an abbreviation that is hold very dear to Indonesians until present day: Jas Merah. It was the abbreviation of "jangan sekali-kali meninggalkan sejarah", in English can be translated as "Never, even at once, leave history behind". It was one of the most famous jargon of the then-president, … Lanjutkan membaca Connecting To The Past, Nieuwe Keizersgracht Style

Jadi Anak Kecil di Science Center NEMO

Untuk akhir pekan bulan November ini, gue pergi ke Science Center NEMO bersama teman gue, Tobias namanya. Gue sama sekali nggak tau apa-apa tentang NEMO, keinginan pergi kesana didasarkan oleh dua hal: 1) muak tesis; dan 2) tiket masuknya gratis kalau pake Museumkaart. Akhirnya siang hari kami berangkat dari Leiden Centraal menuju Amsterdam. Science Center … Lanjutkan membaca Jadi Anak Kecil di Science Center NEMO

(Hampir) Menangis di Museum

Coba ingat-ingat pelajaran Sejarah jaman sekolah dulu. Dari kapan kekuasaan terhadap Hindia Belanda berpindah tangan dari VOC ke pemerintah Belanda? Apa nama organisasi tentara Belanda yang 'dibonceng' oleh NICA masuk ke Indonesia dan merupakan dalang dari Aksi Polisionis (versi Indonesia: Agresi Militer) 1 dan 2? Kapan tentara Belanda angkat kaki dari Indonesia? Kapan bendera Belanda … Lanjutkan membaca (Hampir) Menangis di Museum

Di atas Belanda, masih ada Belanda lagi

Belanda aja udah di utara, masih ada pulau yang lebih utara lagi daripada daratan Belanda? Jawabannya, tentu saja ada! Kemarin gue berkesempatan pergi ke Texel, salah satu pulau yang berada di utara Belanda. Walaupun letaknya di atas, Texel nggak termasuk ke provinsi terutara Belanda yaitu Friesland, melainkan dia masih masuk ke provinsi Noord-Holland. *buka Wikipedia* … Lanjutkan membaca Di atas Belanda, masih ada Belanda lagi

De Blauwe Kamer = Bukan ‘Kamar Warna Biru’

Hari Sabtu kemarin, gue berkesempatan pergi main ke Wageningen. Sebenarnya gue ke Wageningen ada keperluan juga. Jadi ceritanya gue sama temen gue, Ibey, mau pergi jalan-jalan di bulan Agustus, terus kebetulan salah satu teman kami di Wageningen pengen ikutan. Daud namanya. Jadi sekalian aja kemarin gue pergi ke kotanya untuk ngobrolin soal jalan-jalan, apalagi gue belum … Lanjutkan membaca De Blauwe Kamer = Bukan ‘Kamar Warna Biru’

Musim Semi di Taman Nasional Hoge Veluwe

Kaki gue udah gatel banget sebulanan enggak liat yang ijo-ijo. Percayalah, sebelum ke Belanda, gue bisa tahan berbulan-bulan nggak pergi ke taman atau melakukan kegiatan alam, tapi begitu disini rasanya kalo enggak pergi ke bukit atau hutan kayak sakaw sendiri, gitu. Mungkin kata sahabat gue bener kali yah, ketika lo berkenalan dengan alam, lo akan … Lanjutkan membaca Musim Semi di Taman Nasional Hoge Veluwe