Belajar Bahasa Belanda dengan Delftse Methode

Belajar bahasa asing itu susah-susah gampang. Ada yang bilang genetik mengambil peran, ada juga yang bilang karena metode belajar atau cara belajar masing-masing individu. Selain itu, rasa nggak pede juga bisa jadi penghambat. Gue nggak percaya tuh kalau makin tua makin susah belajar bahasa. Kalau makin tua makin susah cari waktu untuk belajar sih, iya. … Lanjutkan membaca Belajar Bahasa Belanda dengan Delftse Methode

Iklan

Lain lubuk, lain ikannya

Belakangan ini lagi rame muncul di linimasa Facebook gue, sebuah artikel berbahasa Belanda tentang sepak terjang Buni Yani. Yang bikin menarik. artikel tersebut bukan hanya artikel ecek-ecek, tapi merupakan sebuah laporan mendalam tentang fenomena 'pahlawan pendidikan' (onderwijshelden) di Indonesia, indikasi infiltrasi oknum salah satu partai Islam di Indonesia di dalam tubuh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) … Lanjutkan membaca Lain lubuk, lain ikannya

Tentang House dan Roomsharing di Belanda

Tulisan advertorial. Di Belanda, usia 18 tahun sudah disebut usia dewasa. Di umur ini, seseorang sudah dianggap bisa menentukan sendiri gaya hidupnya, termasuk menentukan pekerjaan dan tempat tinggal sendiri. Bukan gaya hidup spesial lagi jika seseorang yang baru menginjak usia 18 tahun untuk pindah ke kota lain, bersekolah/bekerja, dan tinggal di rumah kontrakan sendiri atau bersama … Lanjutkan membaca Tentang House dan Roomsharing di Belanda

Jangan Patah Semangat!: Tips Mencari Pekerjaan di Belanda

Tulisan ini terinspirasi dari tulisannya Mariska tentang mencari pekerjaan di NZ dan mbak Oppie tentang pengalaman interview kerja di Belanda. Berhubung Senin besok adalah hari pertama gue kerja, nggak ada salahnya kalau mau berbagi pengalaman dan tips tentang mencari pekerjaan di Belanda. Sebagai migran yang masih pletat pletot dalam berbahasa Belanda, mungkin mencari pekerjaan termasuk hal yang cukup … Lanjutkan membaca Jangan Patah Semangat!: Tips Mencari Pekerjaan di Belanda

It’s the Most Stressful Time of the Year!

December is the gift-giving month, many people say. For many reasons, this is true because December is the month of Christmas and Hanukkah (and Pakjesavond and Sinterklaasdag in the Netherlands), therefore giving a really thick holiday feeling around the world. No matter where you live, whether you live in the Southern or Northern Hemisphere, whether … Lanjutkan membaca It’s the Most Stressful Time of the Year!

How NOT to Overshare: Couples Edition

A few months ago I made this post about dating and the tendency for Generation Y people to overshare their romantic endeavors on social media. In that post, I felt sorry for the people around my age who were in a relationship, overshare every moment, and ended up deleting them all once the relationship went downhill, or … Lanjutkan membaca How NOT to Overshare: Couples Edition